Family Time in Korea – Seoul 3

Malam terakhir di Seoul ditutup dengan belanja oleh-oleh untuk terakhir kali dan bermain ice skating di City Hall. Tempat ini disebut Seoul Plaza, dan pada hari biasa merupakan tempat yang cukup luas untuk menampung banyak orang. Di sini juga sering diadakan pertunjukan di atas panggung yang cukup besar. Namun semuanya berubah saat musim dingin. Dengan mudahnya tempat itu diubah menjadi tempat bermain ice skating outdoor. Cukup dengan mengeluarkan 1000KRW, pengunjung dapat bermain selama 1-1,5 jam.

Saya yang  terakhir bermain ice skating kira-kira saat TPB di Bandung, tepatnya di salah satu mall di sana, ternyata masih dapat berjalan dengan lancar. Ini jauh lebih keren dibandingkan saat meluncur menggunakan snowboard dan berguling-guling di atas salju. Saya dan adik saya bermain sedangkan ibu saya menanti di pinggir arena. Ayah saya beristirahat di penginapan saja. Puas bermain, mungkin lebih tepatnya setelah kedinginan, kami kembali ke penginapan dan packing karena keesokan harinya orang tua dan adik saya akan kembali ke Indonesia.

Keesokan harinya, masih ada waktu cukup lama sampai penerbangan  dari Incheon yang dijadwalkan pukul 18.00. Menurut informasi yang saya dapatkan, ada kereta api langsung menuju Incheon dari Seoul Station. Oleh karena itu, pagi harinya kami langsung berangkat ke Seoul Station, tujuannya tentu saja mencari loker untuk menaruh tas sebelum berjalan-jalan sejenak membuang waktu.

Pukul 9 pagi kami berada di Seoul Station dan hanya menemukan 1 buah loker besar yang kosong. Padahal ada 4 buah tas yang perlu dimasukkan loker. 1 koper sudah masuk, masih ada 3 koper lagi. Saya berputar sekeliling stasiun dan tidak menemukan loker besar lainnya yang kosong. Ibu saya bertanya pada petugas informasi untuk menitipkan tas, ternyata mereka tidak menerima penitipan tas. Akhirnya saya mencoba ke loker subway.

Jarak dari stasiun kereta ke subway stasiun tidak begitu jauh, hanya saja harus melalui kerumunan orang yang keluar masuk stasiun. Akhirnya hanya 2 koper kecil yang berhasil masuk ke loker subway. Saya dan adik saya kembali ke stasiun dan menanti. Sambil menanti, saya, adik, dan ibu pergi ke basement 2, tempat penjualan tiket kereta Seoul Station Incheon, sedangkan ayah saya duduk dan menanti, siapa tahu ada loker besar yang kosong.

Di tempat penjualan tiket, setelah bertanya-tanya panjang lebar, ternyata meyediakan jasa check in pesawat dan imigrasi, khusus penumpang Korean Air. Kebetulan pesawat yang akan dinaiki adalah Korean Air. Saya tanya lebih lanjut apakah bagasi bisa masuk sekalian, dan ternyata bisa. Saat itu saya tidak bisa menggambarkan perasaan saya, antara lega dan sedih karena harus turun ke subway lagi untuk mengambil koper. Dan akhirnya mereka check in sekalian di stasiun, sekaligus memasukkan bagasinya. Agak aneh juga check in  pesawat di stasiun. Rangkaian terakhir adalah imigrasi yang juga dilakukan di stasiun. Usai mengecap paspor, jam sudah menunjukkan pukul 12 siang.

Ayah saya sangat ingin melihat dan ikut jumatan di Korea. Dengan agak buru-buru kami menuju ke subway lagi (kalau dihitung-hitung saya bolak-balik stasiun-subway sekitar 4-5 kali pada hari itu) dan menuju Itaewon. Untunglah sampai di Itaewon tepat saat azan, sehingga masih bisa mendengarkan khotbah jumat. Khotbah ini pun unik karena terbagi menjadi 3 bahasa, Arab, Inggris, dan Korea. Selagi saya dan ayah jumatan, ibu dan adik berjalan-jalan entah kemana. Ternyata mereka hanya berjalan sekitar masjid dan menghabiskan waktunya dengan menunggu jumatan usai.

Jumatan di Korea berakhir lebih siang dibandingkan di Indonesia, kira-kira pukul 1.30 siang. Sehabis jumatan, kembali kami terburu-buru untuk kembali ke stasiun karena kereta yang dinaiki menuju Incheon sekitar jam 3. Dari masjid kami sempatkan membeli kebab halal ala Turki di sekitar Itaewon, masuk subway, dan kembali ke Seoul Station.

Langsung kami munuju basement 2, tempat kereta khusus seoul station-Incheon. Di sinilah dimulai adegan paling mengharukan dari suatu film, yaitu perpisahan. Berbagai macam wejangan dan pesan-pesan diucapkan oleh kedua orang tua saya agar saya baik-baik selama di Korea, tidak lupa solat, dan berdoa. Saya juga memberikan pesan-pesan kepada adik saya agar baik-baik di Indonesia dan menjaga orang tua saya. Menangiskah saya? Jangan ditanya, itu adalah hal wajar yang terjadi ketika harus berpisah jauh dengan orang yang kita sayangi untuk waktu lama. Namun alhamdulillah saya sempat ditengok meskipun hanya 6 hari 5 malam, semoga bisa menjadi tour guide yang baik sekaligus anak yang berbakti kepada orangtua dan keluarga.

Dan semoga saya bisa pulang ke Indonesia lebaran nanti. Amin.

About izmantoko

Mahasiswa, musisi, penulis
This entry was posted in Hidup di Korea, Story and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Family Time in Korea – Seoul 3

  1. Etin Suryantini says:

    Asslm. Izman.. Salam kenal dgn Bu Etin. boleh tanya2 ? rencana Insya Allah bln Juni 2012 ini saya mau bawa teman2 ke Busan, Korea. Sebagian mereka by Air Asia, yg tibanya di Bandara Incheon Seoul. Nah yg mau sy tanyakan: Bgm cara mereka sampai di Busan? mohon konfirmasi apakah sbb.:
    - Tiba di Bandara Incheon Seoul by CAR/BUS ke Stasiun KA Itaewon untuk naik KTX, Berapa lama kah waktu nya dan biaya nya?
    - Dari Stasiun KA Itaewon naik KTX ke Bandara Pusan di Busan, Berapa lama waktu dan biaya nya?
    - Tujuan kami adalah ke BEXCO (Busan Exhibition and Convention) dan hotel kami adalah Hanwha Resort Busan.
    Mohon info ya Izman. Ditunggu. Terima kasih.
    Bu Etin
    Mobile: +62818910075

    • izmantoko says:

      salam, bu.
      Untuk ke busan, ada 3 cara, pertama naik pesawat, kedua naik kereta, ketiga naik bus.
      Stasiun itaewon itu tidak ada, yang ada adalah stasiun subway itaewon. dan itu tidak terhubung ke stasiun antar kota.
      Berhubung lokasi acaranya di BEXCO, saya sarankan untuk naik KTX saja dari Seoul Station menuju ke Busan Station. Dari Busan Station, langsung menuju ke Bexco menggunakan Subway.
      Untuk range tiket KTX per orang kira-kira 39.000 Won, sekali jalan.

Leave a Reply

