Ramadhan, Saatnya Bikin Album Religi

Yup, Bulan Ramadhan sudah datang. Banyak hal yang dilakukan pada bulan ini. Salah satu yang dilakukan banyak musisi adalah membuat album rohani. Dan banyak sekali musisi yang membuatnya.

1. GIGI. Ramadhan ini, GIGI merilis album rohani keempatnya. Resensinya dapat dibaca di sini.

2. UNGU. Band ini juga ‘ketularan GIGI dalam hal membuat album rohani. Setelah album pertama yang lagu hitsnya Surgamu dan Andai Kutahu, album kedua dengan Sesungguhnya, album ketiga ini Ungu mengajukan Dengan NafasMu sebagai lagu andalan. Sedikit kekecewaan dari saya, lagu-lagu dalam album ini berirama sejenis dengan ST 12 (Kok ya Ungu mau main lagu kampungan kaya gitu sih?). Parah banget. Enak sih enak, tapi kok jadi berasa Ndeso, ya?

3. Vagetos. Ini lagi, salah satu band Kampungan yang ikut-ikutan bikin album rohani. Gak jelas lagunya apa judulnya, soalnya hampir semua lagunya vagetos kaya gitu. Klemar-klemer. Nyanyi gak niat gitu lah.

4. Afgan. Kalau dia sih nggak bikin album rohani, tapi cuma single berjudul Padamu Kubersujud. Yah, karena Afgan lagi naik daun, dan lagunya juga jaminan mutu (ciptaan Bebi Romeo), so OK deh buat Afgan.

Dan masih banyak lagi musisi yang membuat album atau single di bulan Ramadhan, seperti Maliq and The Essentials, Kangen Band (Parah deh kalau band ini), Idola Cilik RCTI, dll. Kalau ingin tahu, liat aja sinetron-sinetron Ramadhan di TV. Soundtracknya pasti lagu-lagu rohani terbaru dari band-band tersebut.

Hal-hal tersebut adalah suatu fenomena yang menarik untuk disikapi. Pemanfaatan Bulan Ramadhan untuk bikin album rohani adalah saat yang tepat, baik untuk promosi atau untuk dakwah. Ya, tinggal niat masing-masing musisinya saja.

Ada pendapat mengenai hal ini?

One thought on “Ramadhan, Saatnya Bikin Album Religi

  1. hmm… pendapatku.
    seringkali pembuatan lagu itu terkesan mengikuti trend yang ada aja. jadi pembuatan lagu religi itu dilakukan pas lagi trendnya ibadah ritual, pas lagi ramadhan. hehe. sesudah itu, balik lagi ke lagu-lagu cinta remaja =P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s