Fenomena Musik Indonesia (Kangen Band – ST12)

Fenomena Musik Indonesia (Kangen ST12)

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat kepada ST12 dan kangen band karena telah berhasil menguasai tangga lagu Indonesia, baik itu di INBOX SCTV, DAHSYAT RCTI, mauapun MTV AMPUH. Suatu hal yang cukup membanggakan bagi mereka. Namun, ada satu hal ingin saya garisbawahi, yaitu kesuksesan mereka sendiri.
Ayo kita lihat hal yang paling dilihat dari suatu band, Lagu. Dalam hal ini, Kangen Band dan ST12 memiliki nilai NOL BESAR. Jika kita melihat lagu mereka yang berjudul PUSPA dan DOY, sungguh suatu kemunduran pesat dalam musik Indonesia. Jika boleh berpendapat, lagu itu sampah! Tapi kenapa lagu-lagu tersebut sukses menjadi nomor 1 di tangga lagu Indonesia? Ok, mungkin lagu itu sangat easy listening (bahkan dibandingkan lagu Peterpan yang saya pikir paling easy listening), tapi kalau dilihat dari jenis musik dan lirik, sungguh suatu ‘penghinaan’ bagi musik Indonesia. Dengan mengandalkan genre musik dangdut (mereka menyebutnya melayu atau apapun lah) dan lirik kacangan, mereka maju menembus pasar musik Indonesia. Dan hal yang paling aneh, banyak orang yang suka. Apakah artinya ini? Suatu penurunan Sense of Music, atau malah penurunan Tingkat Intelegensi (IQ) masyarakat Indonesia? Bahkan grup band sekelas UNGU pun tergoda untuk membuat lagu bergenre Melayu-Dangdut dalam album religi mereka. Untung saja lagunya tidak separah dan sendeso ST12 dan Kangen band. Ayo Simak lirik lagu PUSPA dan YOLANDA,

Jangan-jangan kau menolak cintaku,
jangan-jangan kau ragukan hatiku,
Ku kan setia menunggu
untuk jadi pacarmu
jangan-jangan kau tak terima cintaku
jangan-jangan kau hiraukan pacarmu
putuskan saja pacarmu, lalu
bilang I love you padaku.

Kamu dimana? dengan siapa?
semalam berbuat apa?
kamu dimana? dengan siapa?
disini aku menunggumu dan bertanya

Lagu ST12, sunggu penuh dengan jangan-jangan. Benar-benar Lirik yang kampungan yang supir becak pun bisa berkata begitu pada pacarnya. Kangen band apa lagi, liriknya benar-benar menunjukkan tingkat pendidikan yang sangat rendah. Bahasa lirik yang digunakan sangat-sangat rendah. Sori, SAMPAH!
Hal penting berikutnya dari sebuah band adalah, personil band, terutama vokalis. ST12? Vokalis yang niatnya ingin jadi rocker dengan menggunakan kalung rantai, tapi kenapa anting-antingnya pakai tali kayak cewek (Jangan-jangan homo!)? Rocker kok suaranya ndangdut? Bagaimana dengan kangen band? Rambut rebonding, poni panjang, muka jerawatan, body ceking. Sama sekali nggak cocok jadi vokalis. Mendingan balik jadi tukang cendol aja deh!

Finally, semuanya ada di tangan pembaca. Silakan saja kalau memang ngefans sama ST12 atau kangen Band. Saya di sisni hanya sebagai pengamat musik yang memberikan ulasan tentang mereka. So, ada yang mau mendukung atau menyanggah pendapat saya?

26 thoughts on “Fenomena Musik Indonesia (Kangen Band – ST12)

  1. Bro….sepertinya anda memancarkan energi negatip kepada semua orang…Bro harus tahu historisnya mereka bagaimana.
    Tegasnya saya tidak setuju dengan ejekan Bro tersebut..muka jerawat dan sebagainya..lihat Rood Stewart..bibirnya bagaimana..? Yang jelas kita acung jempol..mereka bisa membaca peluang…ternyata mereka sukses…jangan lihat darimana mereka tammat…Banyak orang sukses Indonesia, sekolahnya tidak tinggi…Yang penting sudah menjadi mereka sendiri….konsisten pada komitmen…sukses selalu buat Bro di sana…

  2. kalau saya sih… lihat dari sisi positifnya aja, mereka bisa sukses walau latar belakang mereka yang merangkak dari bawah. mereka berani bertarung ke kancah musik indonesia yang sangat kompetitif. mereka pun akhirnya bisa merebut pasar musik dengan lakunya penjualan album mereka. walaupun seseorang seperti anda yang mengaku pengamat musik sering memberikan kritik pedas, mereka jalan aja. dan mereka lumayan sukses dalam industri musik. yah, kalau saya lebih baik mengamati diri saya sendiri, apakah udah sukses apa belum. semut di seberang lautan nampak, gajah dipelupuk mata tak tampak.

  3. Setuju bos dengan artikel diatas, mo dibawa kemana musik Indonesia klo top lagunya cemen2 kyak st12 & kangen band. Sebagai pemerhati dunia musik terus terang gw merasa prihatin dengan fenomena yang terjadi sekrang ini, dulu juga waktu sheila on 7 muncul, orang2 langsung mengidolakan mereka, kini giliran kangen & st12 begitu juga. Waduh, cape deh, tapi untungnya sheila skr udah tenggelam ditelan bumi. Gw yakin ntar dua band itu juga bakal tenggelam tergerus trend. kita lihat radja, dulu dia jaya skr ilang g berbekas. skr kangen ma st12, karena tipe lagu2 itu cenderung musiman. Pasti juga bakal ilang, itu. Musik yang akan bertahan adalah musik yang mengutmakan sisi kualitas & easy listening. Lagu2 st12 dan kangen adalah penghinaan musisi Indonesia yang telah memperjuangkan industri musik. Produsernya juga bego nih, mau aja ngambil mereka. Gw doain mereka bangkrut…

    • ga’ usa menghna deh loe……..pke ngedoain bangkrut sgl !! pkoknya aqu ttep dkung st12 !! krna st12 kan emank bguz,,kreatif banget …….! st12 ga pntes xmu hina sprti tu…… sblum menghina intrpeksi dri loe dlu donk………..

  4. gw suka gaya lo!!
    yang jelas… gw gak rela musik indonesia diinjak2 kayak gini…

    munculnya Radja adja udah gak banget..
    apalagi niyh 2 band muncul..!
    mana skarang banyak lah band-band lokal kbawa-bawa genrenya tuh 2 band…

    Snap.. Snap.. Snap..
    Halo?? Listener.. Come ON!!!

  5. sorry gue g setuju sm loe, terus terang gue g meidolakan mereka, tapi mereka menciptakan jenis musik sendiri, harus kita hargain dong!!!!!!!!!! from gigi kita

  6. ehm..begini ya mas…ada baik nya di ambil sisi bagusnya aja my friend. kalau toh anda tidak suka apa boleh buat. demand pasar nya begitu..ada musik genre seperti itu juga karna toh ada permintaan dari konsumen. Industri nya lagi kenceng ke sana. saya juga ngga suka ama tipikal musik mereka, tapi ya cukup di liat aja. toh kalo bener” eneg ya ngga usah di pikirin. biarin aja. only time will tell lah ( kata bule ).. btw keep on berkarya terus dan selalu keep on positive thinkin’..cheers!

  7. W gak stju sm artikel d’atas mndngn ambl positf.a aza,, 2 band ntu uda ngbktiin klo mrka bza jd band besar dgn gengre musik yg dy pkai,, mngkn qta jg blm mngkn bsa bkin lgu yg bergengre pop melayu tp 2 band ntu bza ngbktiin itu smua…
    W suka2 za ma 2 band ntu pa lg st12…

  8. mmm,
    negatif nya lirik mereka terlalu biasa aj yang sudah sering didengar, terlalu banyak gaya,mmm mungkin sombong??haha

    positif nya punya khas sendiri, tidak patah arang melewati badai seperti artikel ini.

  9. mas……….gw sbg stsetia jlas ga’stuju banget ama yg mas blg,,,…….awale gw si pgen mrah bngt ama mas,tp stlh gw pkir bwt ap gw mrh” yg mlah ntr bkin brntem aja……..ju”r ya,dlu aqu ga’ ska am st12 gra” pnmplnnya,tp skrng uda agk mndingan kok dr pd dlu,,stlh aqu nikmtin lgunya gw jd trsntuh bnget…….bguz banget !!! bgiku msik melayu gpp kale, mlah mbwt beda dr msik kbnyakan skrng” nie,ga heran kalo st12 bnyak yg nggemarin kan emank baguz.pa lg kbrhaslan st12 tu krn kggigihan anggota st12 dlm mnju ksuksesan tnp mngenal ptus asa,tu yg plng top,n lgu”nya jg cptaan kak charly sndri,,kreatif dong….
    jd mas ga usah menghina st12 deeeh,byangin cba kalo apa yg mas ska d hina ama org laen !!

  10. jhancok kabbeh…………
    cp blng kangen n st12 it kampungan………
    klo brani tampakin wajah lo…
    jancOOk…..!!!!!
    mreka itu menghibur n penghibur musik indonesia…
    klo lo kagak suka minggat aja lo dari indonesia….!!

  11. ya ampun st12 kmpungan,,,,, hallo…. kyak’y yg ngmong kyak gtu g’ kmpungn p? emg chi st12 t’lhir dr ank2 desa tp g’ s’hrs’y ngmong gt,,,, Q sbg ST_SETIA g’ trima band k’ska2n Q d’gtin……
    wt pra ST_SETIA bla u bner2 ST_SETIA jgn biarin ST12 d’injak2…………
    SUKSEZ TRS WT ST12……………..

  12. GW g’ s’pendpat m kLian2 yg Udh Ngremhin kwLitas ST12,,,,, duuuuuh bgi GW tc ST12 bkn band kmpungn mlainkn band kotaan coz Lgu2’y ST12 Enax d’dngrin ‘n pnggmar’y jg bnyk, trs loe g’ mkir p xlo s’andai’y band k’ska2n loe d’hina spt tu p lgi d’ktain band kmpungan p band p2n lh.. psti’y loe2 smw mrh kn… xlo loe g’ ska ma ST12 g’ ush kya gt donk….
    GW sbg ST_SETIA g’ trima bgt,,,
    wt pra ST_SETIA jgn biarin ST12 d’hna kya gt p lg d’injk2…………….. GW G ska band k’ska2n GW dgtin,,,,,
    suksez trs ST12…..

    • ahahhahhaa…
      bukannya mencaci
      tapi nyadarin
      kasian bgt sich jadi orang..hahhaha
      sory gw jg nggak bsa2 amat maen musik gw cma pecinta music berkualitas
      gw lbh senang dengar pengamen nyanyiin lagu jiwa dari hati nggak dibuat buat
      daripada dengar ES TEH GELAS 2 hahahha
      sesekali coba dengerin lagu kebangsaan..trus bandingin lyricnya ma ES TEH 2 aja..
      mudah2an ente nyadar!!!

  13. Sepakat deh. Banyak orang yang suka ada juga yang nggak. Wajar, kan?
    Ya pendapat dan opini orang tuh jangan dijadikan judgement atas sesuatu tu buruk atau nggak.
    Ya bagi st_setia, mohon maaf kalau tulisan saya menyinggung. Tapi ya itu pendapat saya. Mungkin ada bebrapa yang sepakat dan ada yang tidak.

  14. jangan jangan kau beli kasetnya…
    kamu dimana? ( di pakter tuak )
    dengan siapa? ( teman mitu )
    berbuat apa ( menyanyikan lagu batak) lebih mending gw dengerin lagu daerah suaranya khas, tinggi, musiknya asyk, lyricnya kena bgt..
    pe klo lgi mw tidur enakan dgar lagu iwan fals kharismatik
    N klo lgi sedih dengerin lagu slank 1990-1996 ( kaka,bimbim,indra,bongky, dan pay )
    lagi senang lagu rock N blues..hhahahha
    buat penggila lagu2 pasaran ke laut aja lo kata radja hahahahapff
    nggak bgt dech dengerin najis gw!!!

  15. setiap orang kan punya kebebasan dalm berkarya, walau dari fisik tidak oke, tpi bktinya laku juga d pasaran. setidaknya mereka membuktikan bahwa mereka memang menjual karya, bkan fisik semata

  16. fenomena kangen band & st12 adalah bukti bagaimana sebuah media menguasai opini masyarakat,,mungkin saja semua orang ketika pertama kali mendengar lagu2 ini mrkpun sepakat dengan anda, norak, terlalu easy listening..tapi pelaku bisnis di media berkehendak lain,,dimana2 mreka dimunculkan..maka berubahlah opini mereka..inilah ilmu propaganda,intinya pada pemutar balikan info, atau mempengaruhi opini masyarakat, media adalah alatnya,, bahkan dulu hitler mempunyai pembantu khusus dalam hal ini ” menteri propaganda ” dialah Joseph Goebbels..
    so, bukan pada baik/bagusnya materi, tapi siapa / apa kepentingannya pada materi tersebut..untk masa sekarang, sang penguasa sebenarnya adalah para bos media,lokal maupun internasional, bukan PBB, presiden amerika, apalagi presiden indonesia..

Leave a Reply

