Anak Elektro = Tukang Listrik …?

Pertanyaan yang mungkin bagi saya sebagai orang elektro cukup mengganggu. Pikiran orang awam (orang awam di sini berarti orang yang tidak tahu seluk-beluk dunia elektro) selalu berpikir bahwa anak elektro selalu bisa mengerjakan hal-hal berbau listrik. Sebagai contoh, memperbaiki TV, memperbaiki radio, memasang kabel yang rusak, sampai memperbaiki instalasi listrik. Saya makin sadar hal ini ketika kemarin listrik di kos saya mati, dan tiba-tiba pintu kamar saya diketuk. Saya keluar, ternyata ada ibu kos.

Ibu Kos (IK) : “Eh, Nak Yonny jurusannya Teknik Elektro, ya?”

Yonny (Y) : “Iya, Bu. Kenapa?”

IK : “Bisa minta tolong benerin listrik nggak? Sekeringnya ada di bawah.

Y : (waduh… saya berada di antara dua piliha. Kalau jawab bisa, tapi nggak bisa mbenerin, bisa malu. Apalagi kalau jawab nggak bisa, harga diri sebagai mahasiswa Elektro ITB bisa hancur. Akhirnya saya menjawabnya) “Ya, saya lihat dulu.”

Di bawah setelah melihat sekeringnya, ternyata sekeringnya terbakar. Dengan gaya seorang petugas PLN yang sudah berpengalaman, saya berkata,

Y : “Wah, ini harus ganti sekering, Bu. Soalnya kalau terbakar seperti ini, arus tidak bisa lewat, dan kalau arus tidak bisa lewat, listriknya mati terus.

IK : (manggut-manggut) “Ya uda, tolong diganti sekalian, ya.

Y : (sadar saya akan dipaksa mengganti, saya pun ngeles) “Wah, saya habis ini ada ujian, Bu. Telpon saja tukang listrik, biar dia yang ngganti. Nanti saya yang ngecek lagi.

IK : “Ya sudah. Makasih, Nak.”

Ok, tampak dari peristiwa di atas bahwa memang orang awam berpikir bahwa anak elektro = tukang listrik. Bagaimana pendapat Anda?

6 thoughts on “Anak Elektro = Tukang Listrik …?

  1. iyaaaa, bener banget!
    tukang listrik.. parah pisaaann…

    ahahaha.. dikasi tau link ini sama temen kamu..
    ternyata pengalamannya mirip..
    untungnya klo cewe jarang ditanya yah..
    (bersyukur dalam hati..)

    kebit2 juga kan klo ga bisa -.- apa kata dunia..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s