Boikot Produk Amerika, Yakin…?

Beberapa waktu yang lalu, saya berjalan di halaman suatu Masjid di Kota Bandung. Ada satu hal yang benar-benar menarik perhatian saya.
Di ujung jalan masuk Masjid, terpampang suatu sapnduk luar biasa besar yang berintikan BOIKOT PRODUK AMERIKA. Selain seruan tersebut, juga dituliskan merk-merk yang mereka anggap harus diboikot karena merupakan barang-barang buatan Amerika.
Ok, sebagai seorang muslim, saya jelas sangat marah melihat serangan Israel (yang dibackup Amerika) ke Palestina. Seruan tersebut sebenarnya juga benar. Tapi ada satu hal yang sangat mengganjal. Mengapa mereka berani menyerukan “Boikot Produk Amerika” padahal saya yakin 100% mereka masih menggunakan beberapa dari beberapa barang yang dilist untuk diboikot.
1. INTEL
Saya yakin 100%, komputer yang digunakan lembaga di Masjid itu menggunakan prosesor Intel. Orang awam (maaf, saya menyebutnya orang awam), pasti menggunakan intel alih-alih AMD, dkk.
2. NOKIA
Hahaha. Saya tertawa terbahak-bahak membaca merk Nokia di list tersebut. Sebagai Ponsel Sejuta Umat, saya pun yakin banyak dari petinggi lembaga tersebut yang menggunakan ponsel Nokia.
3. DANONE
Siapa tidak pernah meminum Aqua? Aqua adalah suatu produk yang didukung Danone. Meskipun muncul merk-merk lain, tetap saja Aqua menjadi pilihan utama. Mau bukti, cobalah lihat di toko-toko. Apa yang konsumen katakan ketika ingin membeli arir mineral? Aqua, kan?
Jadi, menurut pendapat saya, janganlah berdakwah atau mendakwahi orang lain ketika kita belum bisa mendakwahi diri sendiri.
Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah.

4 thoughts on “Boikot Produk Amerika, Yakin…?

  1. Malahan sok ditambahin fatwa buat mengukuhkan pendapat ini:
    “setiap rupiah yang anda keluarkan untuk produk Amerika menyumbang satu peluru bagi saudara kita di Palestina”

    Nah, masalahnya mending kalo yang terjadi adalah dengan kita berhenti beli produk Amerika trus cuma perusahaan-perusahaan Amerika yang rugi banyak. Masalahnya produk-produk itu kan juga berpengaruh buat ekonomi dalam negeri. Jangan-jangan dengan memboikot produk-produk tersebut malah lebih merugikan bagi saudara-saudara kita di Indonesia ketimbang perusahaan-perusahaan Amerika..

  2. bisa aja, kalo memang produk kita dh siap memenuhi permintaan dan kemauan konsumen dalam negri..

    pernah liat?, ada barang asli indonesia di mall atau supermarket, kalo ada dikit pasti..
    padahal skrg konsumen asli indonesia sering membuang atau membelanjakan uangnya di tempat2 gitu..
    padahal kalo kita liat2 di TV sering ada kisah penjual misalkan barang2 daur ulang yang modelnya oke2 dan udah dieksport ke negara2 tetangga, tetapi di kita sendiri tidak. tu sih yang harus dirubah dlu, moga2 pengelola mall atau supermarket maw memasarkan barang dalam negri di tempat mereka..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s