Wali – Cari Jodoh

Ada yang pernah dengar lagu ini? Yang liriknya seperti ini,

Ibu-ibu, bapak-bapak siapa yang punya anak bilang aku

Aku yang sedang malu sama teman-temanku

Karena hanya diriku yang tak laku-laku

Pertanyaan dasar, deh. kenapa lirik seperti itu bisa dijual?

Puitis? Jelas tidak.

Romantis? Apalagi.

Idealis? Nggak ada sama sekali.

Kampungan? Iya, tepat sekali.

Bukannya saya menghina atau bagaimana, tapi kok bisa-bisanya lagu seperti itu diterima masyarakat Indonesia? Dari liriknya saja sudah seperti itu, ternyata lagunya sama saja, kemelayu-melayuan. Parah! Kangen Band style, lah. Ya, saya memang sedikit antipati dengan aliran melayu yang hanya mencari popularitas tanpa menunjukkan jati diri yang asli. Kenapa sih harus ngekor band yang sudah ngetop? Kenapa tidak bikin aliran baru?

Yah, sebab lain lagu itu sediterima itu di masyarakat, ya masyarakat Indonesia sendiri. Kuping mereka sudah sangat terbiasa dengan lagu dangdut, yang akibatnya ketika mendengar lagu semacam itu, kupingnya langsung nyetel. Bukan hal yang salah juga, sih. Pendapat dan selera musik tiap-tiap orang berbeda. Saya yakin, orang menengah ke bawah tidak doyan mendengarkan musik Jazz ataupun Classic. Begitu pula banyak orang menengah ke atas yang tidak bisa mendengar lagu melayu, dangdung, dll.

Hmm, dari sini saya menarik sebuah kesimpulan yang sangat ekstrim.

Lagu yang banyak diterima orang hingga dinyanyikan banyak orang (pria/wanita, tua/muda, besar/kecil) adalah lagu bergenre melayu yang kampungan, gampangan, namun easy listening.

Silakan berpendapat jika tidak setuju dengan pendapat saya.

6 thoughts on “Wali – Cari Jodoh

  1. Resensi yang lu utarakan terlalu payah, bro…
    kenapa hanya bisa mencaci?
    Lagu lu sudah sampai mana? Gue tetep biasa aja ndengerin lagu itu. Suka, enggak. Benci pun enggak..

    Klo pun resensinya kamu membenci, mungkin perlu pandai lagi dalam mengolah kata..

  2. Lah, ada yang mencaci?
    “Pendapat dan selera musik tiap-tiap orang berbeda”

    Dan saya juga sudah menyatakan bahwa kesimpulan saya ekstrim, jadi apabila tidak sependapat ya saya tidak masalah juga.

  3. Dulu Kangen Band pernah heboh sekali di internet. Gua jadi sangat penasaran: seperti apa sih lagu Kangen Band? Apa yang membuat heboh? Karena penasaran, gua jadi bela-belain mencari MP3 lagu Kangen Band untuk mendengarkannya.

    Dan ternyata itu adalah keputusan yang paling gua sesali dalam hidup gua, pengalaman yang sangat traumatis dan mengerikan.

    Sejak itu gua kapok, gua tidak ingin mencoba hal-hal yang aneh lagi. Kasihan telinga gua.

    Jadi… no offense kepada fans Wali, sekali ini gua TIDAK akan terpancing oleh berita heboh di internet, dan TIDAK akan mencoba ingin tahu musik Wali itu seperti apa. Gua sudah kapok. Ampun. Jangan lagi. Tidak.

    -Kreshna Iceheart

    PS: kapan ya ada band atau musisi lokal yang bisa membuat lagu bagus seperti ini?

Leave a Reply

