Ganteng vs Cakep

Apakah kedua kata di atas berarti sama? Ya, sering ada seseorang laki-laki yang disebut ganteng, ada juga yang disebut cakep. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kedua kata di atas:

gan·teng a elok dan gagah (tt perawakan dan wajah, khusus untuk laki-laki); tampan: ia sangat — lagi baik budi sehingga banyak orang yg menyenanginya

ca·kep ? cakap

ca·kap a 1 kl sanggup melakukan sesuatu; mampu; dapat: — engkau membunuh hulubalang itu?; patik tiada — bercerai dng dia; 2 pandai; mahir: anak itu belum — mengerjakan hitungan perkalian; 3 mempunyai kemampuan dan kepandaian untuk mengerjakan sesuatu: ia diberhentikan dr jabatannya krn tidak –; 4 bagus rupanya; cantik; rupawan: gadis itu modern lagi –; 5 bagus; elok (potongan atau halus bahannya tt pakaian dsb): alangkah — nya baju itu; 6 patut; serasi: ia pantas dan — benar memakai baju itu; 7 Mk tangkas; cekatan (tidak lamban): tampaknya ia — bekerja;

Ternyata arti kedua kata tersebut mirip-mirip (definisi keempar untuk cakap). Tapi di Jawa, kedua kata yang mirip tersebut memiliki arti yang sama, namun aplikasi yang berbeda.

Ganteng, digunakan untuk mengatakan seseorang laki-laki hitam yang tampan. Sedangkan Cakep digunkan untuk menyatakan seseorang laki-laki berkulit putih yang tampan.

Rasis? Bisa iya, bisa tidak. Tinggal bagaimana cara kita memandangnya. Tapi saya sebagai seorang laki-laki yang berkulit hitam dan manis, saya bangga kok menyebut diri saya Ganteng. hehehe.

5 thoughts on “Ganteng vs Cakep

  1. masalah ganteng n cakep aj koq repot

    ganteng aku aja slu bocor klo musim hujan

    untung aja aku pandai cakep dg orang jd slu aj dibetulin leh tetangga

    wkwkwkwkwkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s