Ketika Internet Menjadi Ajang Promosi Diri

Awalnya saya tidak tahu apa itu Keong Racun, sampai-sampai teman saya nge-twit tentang hal itu, dan Keong Racun menjadi TT di  Twitter. Hashtag (#) Twitter tentang Keong Racun juga menyebutkan tentang Sinta Jojo. Saya sedikit penasaran, saya coba cek di YouTube tentang itu. Hasilnya, wow…

Ternyata Keong Racun hanyalah sebuah lagu yang dinyanyikan secara lipsync oleh 2 orang wanita di depan webcam dan diupload ke Youtube. Mereka berdua goya-goyang kepala, geleng-geleng, maju mundur ke webcam, senyum-senyum,dll. Total view, nyaris 1.500.000. Kenapa video clip yang hanya berupa lipsync dua orang wanita yang mengenakan baju warna hitam dan bergoyang kepala ini menjadi suatu topik yang hangat di Indonesia? Bahkan Keong Racun ini masuk ke silet, infotainment yang sering membahas kasus-kasus selebriti. Setertinggal itukah masyarakat Indonesia atas fenomena seperti ini?

Setahu saya, beberapa tahun yang lalu sudah ada video lipsync yang dibuat oleh 2 orang filipina yang namanya Moy moy Palaboy. Yang mereka lakukan bisa dibilang sama persis dengan apa yang dilakukan Sinta dan Jojo. Video Youtube mereka pun muncul dalam banyak versi lagu. Jika ditotal, kira-kira video-video mereka telah ditonton 12,000,000. Wow, lagi-lagi sebuah fenomena yang unik, dan ini skala dunia.

Ok, mereka (Moy moy Palaboy) unik, kreatif, dan menggemparkan dunia dengan hal unik yang mereka lakukan. Tapi Sinta dan Jojo, kenapa responnya nyaris seheboh itu untuk suatu hal yang bisa dibilang sama persis konsepnya?

Entahlah, saya kurang paham dengan pendapat masyarakat Indonesia saat ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s