Mau TA apa?

Sebuah pertanyaan yang dilemparkan dosen TA 1 saya sebenarnya sangat simpel, hanya 3 suku kata.

MAU TA APA?”

Pertanyaannya memang singkat, tapi cerita di baliknya sangat panjang. Beliau berkata, TA itu dibagi 2, yang riset atau yang produk. Dua-duanya bagus dan bakal menentukan mau dibawa kemana kehidupan kita sebagai seorang sarjana nantinya. Saya pun masih bingung, topik TA saya ini riset atau produk?

Sebenarnya cukup mudah menjawabnya, apapun lah yang penting cepet lulus. Jawaban seperti ini langsung dicounter oleh si dosen.

“APA BEDANYA YOU SAMA ANAK POLITEKNIK KALO CUMA NGERJAIN YANG PENTING LULUS?”

Waduh, saya langsung terdiam mendengar pertanyaan beliau ini. Memang benar, seseorang mahasiswa teknik, apalagi ITB, sudah sepantasnya dapat menjawab kebutuhan dan alasan yang membuatnya mengambil suatu topik TA, bukan hanya sekedar mengerjakan, selesai, dan lulus.

Ya semoga topik TA saya baik-baik saja, dan semoga saya nantinya bisa dihargai sebagai seorang sarjana ITB yang baik.

Leave a Reply

