Sepakbola Indonesia Saat Ini

Beberapa bulan lalu, saya sempat menulis tentang sepakbola Indonesia di sini https://izmantoko.wordpress.com/2010/02/27/indonesia-dan-sepak-bola/ . Isinya adalah tentang bagaimana perkembangan sepakbola indonesia pada saat itu. Akan teteapi, sekarang sapat saya katakan dunia persepakbolaan Indonesia telah berubah.

Kenalkah Anda dengan Irfan Bachdim? Christian Gonzales? Arif Suyono? Ahmad Bustomi? atau Markus Horison? Mungkin selama ini pemain timnas yang kita kenal hanya Bambang Pamungkas. Bahkan mungkin ada yang berpikir bahwa Kurniawan Dwi Julianto dan Aji Santoso masih bermain untuk Indonesia. Masyarakat tidak begitu peduli dengan dunia sepakbola Indonesia karena memang tidak ada hasilnya, hnaya bermain, dan kalah.

Sekarang, semua berubah. Stadion Gelora Bung Karno penuh dengan warna merah untuk mendukung timnas Indonesia. Rasa nasionalisme yang dulu pudar, nampaknya kini telah kembali lagi. Dan semoga harapan yang digembar-gemborkan sejak semifinal, harapan yang besar ini, bukanlah sebuah isapan jempol semata. Tetaplah rendah hati, dan jangan sombong. Maka akan kami dukung kalian dengan sekuat tenaga.

Hidup INDONESIA!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s