Monolog Sang Dewan

Angkat aku tinggi-tinggi

Letakkan aku di atas atap lengkung itu

Bisa kulihat keadaan dan cacat tubuh kalian

Bisa kudengar rintihan dan bisikan kalian

Seharusnya…

Di sini lebih rendah dari monas

Akan kutinggikan atap ini biar lebih jelas kulihat dan kudengar

Mana dompet kalian, mana uang kalian

Kugunakan untuk semen bangunan

Kalian berontak, aku tersentak

Akan kutinggalkan kalian sejenak

Keluargaku pun ingin hidup enak

Aku terbahak, kalian terinjak

Temanku pergi ke Gunung Olympus

Aku mencari sahabatku, Paman Sam

Anak buahku pergi berburu kanguru

Sayang mereka lupa alamat rumah

Berkelit menutupi kesalahannya

Jangan kalian harapkan perhatianku

Aku tak peduli kalian menderita

Aku hidup dengan bahagia dunia

Tak peduli pula nanti di sana

One thought on “Monolog Sang Dewan

  1. Aku di sini
    di sebelahmu kawan
    duduk bersamamu di atas atap lengkung itu
    ku tak mau cacing-cacing sekarat lagi
    ku tak mau semut-semut kelaparan lagi
    namun sebelum itu
    biarkan aku mendapat buah dari pengorbananku
    pengorbanan harta dan jiwa untuk sampai ke sini
    pengorbanan harga diri dan nama baik
    biarkanlah aku sesaat
    hanya sesaat saja
    kukembali padamu setelah ku kenyang
    kekenyangan hingga tak bisa bangun lagi

Leave a Reply

