Mencari Secercah Iman di Pusat Gimhae (bagian 1)

Sudah seminggu saya di sini, dan sangat banyak hal yang saya dapatkan. Foto-fotonya dapat dilihat di facebook saya. Akan tetapi ada hal yang cukup mengganjal di hati saya, yaitu saya tidak menemukan adanya mahasiswa Indonesia lain di sini selain saya. Selain itu, ada kemungkinan saya adalah mahasiswa muslim satu-satunya di sini.

Nah lo! Terus gimana solat? Solat sih insya Allah tetep 5 waktu saya kerjakan. Masalahnya adalah solat jumat (jumatan). Jumatan itu kewajiban, tapi di sini saya tidak menemukan teman untuk melaksanakan kewajiban tersebut. Masa iya saya mau bikin jumatan sendirian? Oleh karena itu, saya meminta tolong ibu saya untuk bertanya kepada salah satu petugas Tata Usaha di kampus saya mengenai masalah masjid dan komunitas muslim di Gimhae.

Kemarin (Jumat), saya kembali tidak jumatan. Akan tetapi pada siang harinya saya dipanggil oleh si petugas TU mengenai masalah masjid ini. Akhirnya saya bertemu dengan dia pukul 14.00 waktu setempat. Dia mengatakan bahwa ada masjid di pusat kota Gimhae, kira-kira 20 menit naik bus dari depan Inje. Saya langsung semangat dan menanyakan detil dari tempat itu kepadanya. Setelah mendapatkan detil tempatnya, saya pun merencanakan untuk berangkat ke Gimhae hari Sabtu.

Hari Sabtu pagi dihiasi oleh turunnya air hujan dari langit Gimhae yang gelap. Saya pikir hanya gerimis, ternyata hujan deras. Selain air hujan, angin pun bertiup dengan sangat kencang. Suasana pun menjadi dingin dan mencekam, merasuk ke relung kalbu dan sukma jiwa. Akan tetapi karena sudah berniat, maka saya harus pergi ke sana hari ini.

Setelah sarapan saya kembali ke kamar. Ya, masih hujan. Saya pun memanfaatkan waktu dengan mencuci pakaian saya. Setelah mencuci pakaian, saya mandi. Setelah mandi, hujan mereda dan menyisakan gerimis-gerimis kecil yang bagi saya kecil dan tidak masalah. Saya pakai jaket dan saya pun berangkat menuruni bukit tempat asrama saya berada menuju gerbang Inje yang kira-kira berjarak 15-20 menit.

3 thoughts on “Mencari Secercah Iman di Pusat Gimhae (bagian 1)

Leave a Reply

