SOC-CGK, CGK-ICN, ICN-PUS (bagian 1)

Hari ini 1 September 2011 dan saya akan melakukan sebuah (lebih tepatnya 3 buah) perjalanan jauh. Saya akan pergi meninggalkan Indonesia dan menuju ke sebuah kota di Korea Selatan.

Perjalanan dimulai dari Bandara Adi Soemarmo di mana saya diantar oleh keluarga besar saya (eyang, tante, om, sepupu, dll.) dan sahabat-sahabat saya. Orang tua dan adik saya ikut mengantarkan saya pergi naik pesawat ke Jakarta. Akhirnya kami sampai Jakarta dan langsung istirahat sejenak di sebuah hotel dekat bandara.

Malamnya, pukul 7 malam, kami berempat berangkat ke Soekarno-Hatta. Saat check in ada sedikit masalah. Informasi yang saya dapat mengatakan bahwa bagasi maksimal untuk pemegang visa pelajar adalah 30kg dan koper saya ‘baru’ 25kg. Awalnya saya merasa akan lancar-lancar saja. Ternyata hal ini dipermasalahkan karena batas maksimal hanya 20kg, apapun jenis visanya. Akhirnya saya mengurangi barang-barang dalam koper dan beratnya pun menjadi 23kg.

Untungnya saat check-in petugasnya membantu saya dan membiarkan saya memasukkan koper itu ke bagasi tanpa tambahan biaya. Padahal tambahan biayanya adalah 19USD per kg.

Saat pergi pun tiba dan saya mengucapkan perpisahan kepada kedua orangtua dan adik saya. Ada air mata haru menetes ketika mengucapkan selamat tinggal pada keluarga, apalagi ketika mereka berjanji akan selalu mendoakan saya di Korea nanti. Akhirnya saya pun terbang bersama Korean Air Menuju Bandara Incheon.

Di pesawat, hiburan yang diberikan sama seperti ketika saya naik Turkish Airline. Ada sebuah TV dan remote di samping kursi. Hampir seluruh film baru disediakan di sini, mulai Fast 5, Pirates of Caribbean 4, X-Men, Thor, dll. Saya pun memilih untuk mendengarkan musik saja karena tidak ingin merasa pusing melihat film di pesawat.

Datanglah saat makan malam. Pramugari menawarkan Beef atau Korean Food. Karena saya khawatir tidak bisa memakan Korean Foord dengan baik, akhirnya saya memilih Beef. Sayangnya, beef habis, sehingga mau tak mau saya harus makan korean food yang bernama Bibimbap

Leave a Reply

