Menjadi Mahasiswa Seutuhnya

Saya dulu sering mengatakan kepada junior-junior saya di ITB, bahwa menjadi mahasiswa seutuhnya itu adalah menjadi mahasiswa yang tidak hanya ke kampus, belajar, pulang, mengerjakan tugas, dan tidur. Begitu seterusnya sampai lulus. Pada saat itu saya berpikir bahwa mahasiswa seutuhnya adalah mahasiswa yang juga aktif dalam organisasi, apapun itu. Sehingga dia dapat melatih soft skillnya dalam berkomunikasi, bekerja sama, berpikir kreatif, dll selain melatih hard skill dari kuliah. Namun ternyata saya salah. Kuliah dan berorganisasi ternyata belum cukup untuk menjadi mahasiswa seutuhnya. Sayangnya saya baru menyadarinya sekarang, di Korea, negeri yang jauh dari siapa-siapa ini.

Apa yang kurang dan baru saya sadari sekarang? Hal itu adalah mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga. 4 tahun saya kuliah di ITB, tidak pernah sekalipun saya mencuci baju, menyetrika baju, dan mencuci piring. Ok, saya masih bisa menyapu dan mengepel lantai. Tapi ketiga hal yang tidak pernah saya lakukan itu ternyata menjadi sesuatu yang cukup mengganggu pada awalnya saya berada di sini.

Mencuci dan menyetrika baju. Di Bandung, setiap ada baju kotor, sya memasukkannya ke keranjang cucian dan keesokan harinya bibi kos sudah selesai mencuci dan terlihat sedang menyetrikanya. Benar-benar mengandalkan si bibi kos untuk masalah pakaian. Mencuci piring. Boro-boro punya niat untuk mencuci piring, membawa turun piring dan gelas kotor dari kamar ke wastafel tempat mencuci piring di bawah pun saya malas. Alhasil pernah terdapat 3 buah piring dan 3 buah gelas di kamar saya dalam waktu bersamaan, hanya karena saya malas membawanya turun.

Di sini, semua berubah. Tidak ada lagi bibi kos yang mencuci dan menyetrika pakaian. Saya juga tidak bisa mengambil piring dan gelas, menimbunnya di kamar dan baru mencucinya ketika sudah banyak, karena saya hanya membawa 1 gelas dan 1 piring di sini.

Saya pun berkonsultasi kepada ibu saya tentang bagaimana cara mencuci baju dengan benar menggunakan tangan. beliau mengajari mulai dari merendam pakaian, membiarkannya selama 1 jam, menguceknya, sampai membilasnya. Sukseskah saya? Pada mulanya saya berpikir ya, saya berhasil mencuci baju saya sendiri. Setelah dikeringkan, ternyata ada sabun-sabun yang masih tersisa di celana ataupun di baju, artinya saya tidak bersih dalam membilasnya. Untunglah, setelah 3 kali mencuci manual, saya menemukan mesin cuci koin di basement dormitory. Alhamdulillah banget. Saya cukup menabung 1000 Won seminggu agar dapat mencuci baju-baju saya.

Menyetrika pakaian pun baru saya lakukan bersamaan saya menemukan mesin cuci koin. Sebelumnya saya hanya menggantungnya di hanger agar baju-bajunya tidak mengkerut. Perjuangan menyetrika pun tidak kalah susahnya. Saya menyetrika kemeja, dan sampai akhir saya tidak berhasil membuat kemeja itu mulus dengan setrikaan saya. Saya semprot air dari sprayer, tetap saja tidak berhasil. Sampai akhirnya saya berhenti ketika saya merasa usaha saya sudah optimal dan menggantung kemeja itu agar tidak makin berkerut.

Yang terakhir adalah mencuci piring, gelas, dll. Salah satu kebijakan di lab saya adalah, setiap 2 minggu sekali, salah seorang dari anggota lab harus mencuci segala macam piring, gelas, mangkuk, sumpit, sendok, dll yang digunakan sehari sebelumnya. Dan hari ini saya kebagian tugas yang cukup berat karena kemarin beberapa orang Korea di lab saya mengundang teman-temannya untuk makan siang. Alhasil, banyaklah barang yang ahrus saya cuci pagi ini. Saya mencuci di wastafel yang berada di luar dan terlihat oleh banyak orang yang berlalu lalang. Saya hanya berharap mereka tidak menganggap saya adalah TKI yang sedang berkerja di gedung kuliah itu. 15-20 menit kemudia, selesailah pekerjaan saya mencuci barang-barang tersebut. Jangan tanya hasilnya bersih atau tidak karena setelah mencuci saya hanya meletakkannya di meja dan menunggunya kering. Bersih atau tidak, yang jelas barang-barang tersebut sudah digunakan oleh orang lab saat saya menulis artikel ini. hehehe.

3 thoughts on “Menjadi Mahasiswa Seutuhnya

Leave a Reply

