KTX

Saat berjalan-jalan ke Daegu minggu lalu, saya naik kereta bernama KTX untuk perjalanan pulang dari Dongdaegu ke Busan. Apa sebenarnya KTX ini? Sebelumnya, mari kita liat gambarnya.

Jadi, KTX ini adalah semacam kereta Ekspres penghubung antar kota-kota besar di Korea. Karena Korea memang relatif kecil jika dibandingkan dengan Indonesia, kota-kota seperti Seoul, Busan, Daegu, Daejeon, Ulsan pun terhubung semua melalui transportasi ini. Ya kalau di Indonesia mungkin ini kereta kelas eksekutif sejenis Argo Lawu. Tapi membandingkannya pun saya nggak tega.

KTX dapat menumpuh perjalanan Busan-Seoul sejauh 500km dalam waktu 3 jam saja (sudah termasuk berhenti di stasiun-stasiun besar lainnya). Argo lawu? Solo-Jakarta 600km ditempuh dalam waktu semalam (hampir 12 jam). KTX dapat melaju dengan kecepatan maksimal 300km/jam. Tapi sayangnya menaiki kereta dengan kecepatan seperti itu tidak seperti yang saya bayangkan. Yang saya bayangkan adalah ketika saya melihat ke luar jendela, saya hanya melihat garis-garis saja, bukan pemandangan luar. Ternyata saya masih bisa melihat pemandangan-pemandang sepanjang perjalanan.

3 thoughts on “KTX

  1. Gan, tau harga tiket KTX dari Seoul ke Busan gak? dan harga tiket itu untuk sekali jalan atau bolak balik? thx untuk info nya yah.

    • kalo seoul busan sekali jalan itu sekitar 39.000 Won kalo hari biasa dan 44.000 Won untuk hari libur (sabtu/minggu). Itu untuk sekali jalan aja, bukan bolak-balik

Leave a Reply

