Bahasa Korea Paling Dasar Sekali Banget

Sangat setuju ketika ada orang yang bilang bahwa orang Korea sulit berbahasa Inggris. Saya sudah membuktikannya sendiri. Mungkin sama seperti Jepang atau Cina yang menganggap bahasa negaranya adalah bahasa terbaik. Jarang sekali saya temui orang Korea yang bisa berbahasa Inggris dengan baik, bahkan sekelas akademisi sekalipun. Lalu, bagaimana cara berkomunikasi?

Yang pertama, jelas. Tuhan menganugerahi kita dengan anggota tubuh yang berbagai macam fungsinya. Ternyata semua itu dapat digunakan untuk berkomunikasi. Muncullah apa yang disebut body language. Dan percayalah, hal ini sangat berguna, terutama apabila kita tidak mengerti sama sekali bahasa di daerah baru. Sebagai contoh mudah, ketika kita ingin makan, cukup dengan membuat gerakan makan dengan kanan yang menuju mulut, orang akan tahu apa yang kita maksud. Contoh lainnya adalah ketika kita butuh ke toilet dan tidak tahu di mana letaknya, cukup berlari-lari kecil di tempat, memasang wajah tersiksa, dan memegang perut dan sekitarnya.

Ok, keadaan di atas adalah keadaan sangat darurat ketika kita tidak sempat mempersiapkan diri dengan bahasa daerah setempat. Untuk di Korea, menurut saya, hanya ada beberapa ungkapan yang penting dan perlu dihafal untuk mempermudah berkomunikasi di Korea. Silakan disimak.

  • Selamat pagi/selamat siang/selamat malam/halo : Annyeong haseyo
  • Terima kasih : Gamsa Hamnida
  • Berapa harganya? : Olmayeyo?
  • Ini : Igeo (sambil nunjuk sesuatu barang)
  • Daging babi : Dwejigogi
  • Apa? : Mwoyeyo
  • Ya : Ne
  • Tidak : Aniyo
  • Maaf / permisi : Mianhamnida
  • Toilet : Wajangsil

Mungkin beberapa kata-kata itu sudah cukup untuk berkomunikasi secara dasar dengan orang Korea. Tapi hati-hati, saya pernah dengan kerennya menjawab pertanyaan orang korea (karena saya tahu apa yang dia tanyakan), kemudian dia mengajak ngobrol dengan bahasa Korea yang jauh lebih aneh-aneh. Pada saat itu, kita perlu mengucapkan,

Hangukmal jal motaeyo

Atau kalau ingin lebih praktis, kita cukup mengatakan Hangukmal sambil membentuk silang dengan kedua tangan kita.

Semoga sedikit sekali ungkapan-ungkapan ini dapat membantu. Belajarlah sedikit saja bahasa di tempat tujuan kita agar kita tidak selamanya menjadi Tarzan karena body language yang kita gunakan.

2 thoughts on “Bahasa Korea Paling Dasar Sekali Banget

  1. wah, kalo do daejeon ya, saya belum pernah punya masalah berbahasa inggris sama dosen, mahasiswa, petugas TU, atau penjaga counter departemen store. yang ga bisa tuh paling kalo di pasar, di bis, gitu.. Orang2 di KAIST atau yang umurnya 30 taun ke bawah rata2 bisa bahasa inggris.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s