Seminar di Seoul itu Menyenangkan (bagian 3)

Sampailah kita pada bagian yang paling menyenangkan dari seminar ini, jalan-jalan! Kembali saya naik subway (kalau tidak salah line 2) dan saya turun di stasiun City Hall. Begitu keluar dari kereta, yang saya cari pertama kali adalah stasiun line 1 yang akan membawa saya ke Seoul Station sore nanti. Ternyata stasiun line 1 terletak sedikit agak jauh dari stasiun line 2. Ok, stasiun stasiun sudah ketemu, saatnya berkeliling.

Keluar dari bawah tanah, saya langsung melihat lapangan besar yang penuh dengan tenda-tenda dan juga ada panggung di sana. ternyata itu adalah salah satu acara dari UNICEF dan Seoul. wow, beruntung sekali saya dapat melihat festival pas saya ke Seoul. Saya menyebrang jalan dan berkeliling tempat festival itu. Di situ banyak dijual berbagai macam hasil bumi dan ternak dari Korea, mulai dari daging, susu, sayuran, sampai gingseng ada semua di situ. Di panggung juga sedang ditampilkan salah satu pertunjukkan kebudayaan dari Korea. Berhubung niat saya ingin berputar-putar, saya hanya melihat sepintas untuk kembali mencari tempat lain yang lebih menarik.

Saya berjalan tak tentu arah (literally). Benar-benar berjalan saja dan berbelok ketika melihat tempat menarik. Sempat saya melihat sungai dan air mancur yang sangat indah, begitu pula dengan tenda-tenda lain yang nampaknya akan digunakan untuk festival lainnya. Entah saya beruntung atau apa, langkah saya menuntun saya mencapai tempat yang paling ingin saya kunjungi di Seoul karena saya pernah melihatnya di Running Man, yaitu Gwanghwamun.

Ada apa di Gwanghwamun ini?  Ada 3 hal yang paling terkenal (mungkin) di Seoul berkumpul di sini. 3 hal itu adalah patung admiral Yi Sun-Shin, patung King Sejong, dan Gyeongbokgung Palace. Apa menariknya 3 hal ini? Yang jelas sama-sama pernah saya lihat di salah satu episode Running Man, makanya saya tahu tempat ini. Yang kedua, saya juga sudah baca di buku traveller Korea bahwa tempat ini memang sangat terkenal.

Admiral Yi Sun-Shin adalah pemimpin tentara Korea ketika menaklukan Jepang pada saat mereka berperang pada zaman dahulu kala. Dia juga membuat perahu naga. King Sejong adalah raja Korea yang membuat huruf hangeul. Untung ada hangeul, kalau tidak huruf asli Korea jauh lebih susah daripada hangeul. Terdapat ruangan besar di bawah patung King Sejong yang berisi sejarah dan perjalanan hidup dari beliau, termasuk pemutaran video kehidupannya. Ada juga kafetaria di dalam museum tersebut. Dan ternyata tempat itu juga terhubung dengan museum Admiral Yi Sun-Shin. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ruangan itu sangat besar.

Gyeongbokgung Palace adalah salah satu istana terbesar di Korea yang sering dikunjungi orang. Sebenarnya di dekat situ juga ada Deoksukgung Palace, tapi tidak ada apa-apanya jika dibanding Gyeongbokgung. Saya tidak masuk ke dalamnya karena pada saat itu banyak orang yang ke sana, sepertinya wisata anak-anak SD dan SMP. Saya hanya mengintip harga tiket masuknya yang hanya 3000 Won. Baiklah, next time saya ke sana.

Setelah puas berfoto-foto (lebih tepatnya memfoto-foto), saya kembali menuju stasiun line 1 untuk menuju ke Seoul Station. Hal yang menarik juga, Seoul Station juga pernah digunakan untuk shooting Running Man, makanya saya juga ingin memfoto-foto sebelum KTX berangkat. Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, stasiun ini sangatlah besar, ada 10 line kalau tidak salah. Stasiun yang digunakan sekarang adalah bangunan baru, sedangkan bangunan lama (yang terletak 100m dari bangunan baru) digunakan sebagai museum.

Akhirnya waktu untuk pulang sudah dekat. Puas sudah jalan-jalan singkat tapi menyenangkan di Seoul. Berikutnya saya akan lebih mengexplore Seoul untuk menemukan tempat yang lebih menarik. Sampai jumpa di jalan-jalan berikutnya!