ASF 2011 – Ke Daegu Demi SNSD (bagian 2)

Tiket saya ada di bagian R37, artinya saya tidak duduk di tribun, melainkan di lapangan stadion. awalnya saya berharap bisa berdiri, sayangnya disediakan kursi di lapangan. Ternyata memang berbeda menonton konser penyanyi saja (boyband, girlband, solois) dibandingkan menonton konser band. Baiklah, dinikmati saja. Kembali ke mengantri, ternyata antrian di loket R luar biasa panjangnya, bahkan mencapai pinggir jalan raya. Seingat saya antrian ambil toga untuk wisudaan dan antri penukaran tiket konser GIGI tidak seramai ini (ya iyalah, ini event Asia bahkan mungkin Internasional).

Banyak wajah-wajah non Korea yang saya temukan saat mengantri, mulai wajah Amerika sampai India ada semua di sini. Saya sendiri mengantri di belakang rombongan wanita entah darimana yang cukup unik. 2 asal Cina, 1 asal Korea, dan 1 berjilbab, sepertinya Iran. Di tengah-tengah mengantri, tiba-tiba ada teriakan histeris dari beberapa orang sambil berlari mengejar mobil. Setelah saya amati, ternyata gadis-gadis Korea sedang mengejar mobil idolanya (entah siapa) sambil berteriak dan mengangkat papan nama artis tersebut.

Tak terasa 1,5 jam berlalu dan saya akhirnya berada tepat di depan loket, menatap wajah volunteer penjaga loket dan kami hanya terpisahkan oleh kaca. Saya tunjukkan kupon dan paspor saya, dapatlah tiket konser ASF 2011. Inilah tiketnya, di situ juga terlihat beberapa artis yang akan mengisi acara ASF 2011.

Tinggal 1 jam sebelum open gate. Orang-orang sudah antri di depan gate sesuai dengan nomer tempat duduknya, mau tidak mau saya ikut mengantri. Waktu berjalan begitu lambatnya hingga pada akhirnya gerbang dibuka pada pukul 16.15. Kami masuk sesuai urutan dan langsung berlari ketika mencapai lapangan stadion untuk mencari tempat yang paling enak. Begitu saya melihat tempat duduk saya, saya sedikit kecewa karena memang terletak cukup jauh dengan panggung. Musnahlah harapan saya untuk melihat SNSD dari depannya langsung. Coba penonton berdiri, saya pasti ada di barisan terdepan. Saya pun duduk dan menenangkan diri sejenak untuk kemudian solat jamak dhuhur-asar di kursi itu.

Tepat pukul 18.40, pembawa acara naik ke mimbarnya dan membuka acara ASF 2011. Saya sudah tidak sabar mendapatkan pengalaman pertama kali menonton konser Kpop langsung di Korea. Sayangnya, meskipun ini event setingkat asia, MC dan seluruh protokolernya masih menggunakan bahasa Korea. Ya saya hanya manggut-manggut saja sok ngerti. Setelah cukup kata pengantar, dia akhirnya memanggil penampil pertama pada hari itu. Mereka adalah…

Leave a Reply

