Mencari HP di Korea itu Susah

Biasanya, kalau seseorang pergi ke luar negeri untuk sesaat, misalnya liburan, dia akan membeli nomor HP lokal negara tersebut dan memasukkannya ke HPnya dengan tujuan mempermurah komunikasi ke negara asal. Sebagai contoh, saat saya ke Singapur dan menginap selama 3 malam di sana, saya membeli nomor Singapur, baik itu SingTel atau yang lainnya. Saya cukup menunjukkan paspor dan si penjual nomor akan mencatat nama dan nomor paspor kita sebelum memberikan nomor HP tersebut kepada kita.

Awalnya saya juga akan melakukan hal yang sama saat pertama kali datang di Korea ini. Apalagi saat saya jalan-jalan saya melihat banyak sekali toko HP berkeliaran di sepanjang jalan di depan kampus saya. Akan tetapi, teman selab saya mengatakan bahwa untuk mempunyai nomor Korea, seseorang harus memiliki Alien Registration Card, semacam KTP untuk penduduk asing. Pengurusan ARC ini tidak mudah, harus ke kantor imigrasi terlebih dahulu dan mengikuti serangkaian proses yang sederhana tapi ribet, seperti biasa karena masalah komunikasi. Prosesnya tidak berhenti begitu saja, kita perlu menunggu minimal 2 minggu sebelum ARC itu jadi. Jadi, bagi para pendatang yang hanya berlibur di Korea selama 3-4 hari nampaknya Anda harus mempersiapkan kocek yang lebih tebal. Indosat, Telkomsel dan XL masih bisa digunakan untuk menelepon ke Indonesia, tapi pasti akan sangat mahal biayanya. Opsi lain adalah menyewa HP. Setahu saya ada persewaan HP di sekitar bandara. Nampaknya ini sama seperti wartel, karena selama saya di sini saya belum menemukan wartel.

Ok, kembali ke cerita. Saya sendiri membuat ARC ini beramai-ramai bersama mahasiswa internasional lainnya. Kami bersama-sama ke imigrasi Busan (di Gimhae tidak ada) naik bus. Kami harus antri beberapa saat sebelum akhirnya dipanggil untuk scan sidik jari dan menyerahkan paspor. Dari surat keterangan yang diberikan, ARC kami akan selesai kira-kira 3 minggu lagi. Alhasil, saya berkelana berkeliling Busan, daegu, dan Seoul tanpa HP. Sebenarnya tidak apa-apa sih, hanya saja saya harus mencari telepon umum terdekat ketika saya butuh menghubungi orang Indonesia atau contact person lainnya.

Akhirnya ARC saya jadi dan saya meminta tolong teman selab saya yang cukup fasih berbahasa Inggris untuk menemani saya berkeliling mencari HP. Saya sangat tertarik dengan program plan, di mana tiap bulan saya harus membayar 55.000 Won (cukup mahal) selama 2 tahun. Saya akan mendapatkan sebuah smartphone (Samsung Galaxy s2 atau LG Optimus) secara gratis ditambah pulsa dan jatah bicara selama beberapa menit. Saya sempat ragu untuk mengambil program ini karena seakan-akan saya menghambur-hamburkan uang beasiswa. beruntungnya saat kami berputar-putar untuk bertanya masalah ini, semua toko tidak menerima program plan untuk warga asing, meskipun di ARC dan visa tertulis akan tinggal selama 2 tahun. Entah kenapa mereka tidak mau menerimanya, padahal teman saya di Daegu bisa membeli Samsung Galaxy s2 dengan cara plan. Tapi ya tidak apa-apa, artinya saya diminta untuk berhemat.

O iya, sebelum saya mendapat ARC, ada salah seorang anggota Perpika yang bernama mas Tatas tiba-tiba mengirim email ke saya dan menawarkan HP. Pada saat itu saya masih bingung dan ragu-ragu tentang HP apa yang akan saya gunakan nanti. Saya mencoba menghubungi dia lagi untuk meminta list HP dan harganya. Dia membalasnya dan memberikan beberapa pilihan HP. Saya pun jatuh cinta pada samsung SGH-W270, sebuah HP clamshell (saya memang sangat ingin punya HP clamshell) biasa, tidak terlalu wah. Saya hubungi dia tentang pilihan saya dan dia memberikan beberapa langkah yang harus saya lakukan. Saya pun mengirim scan ARC saya dan mengirim uang 50.000 Won saja kepada Mas Tatas. 3 hari kemudian, datanglah HP itu ke lab saya dan akhirnya saya sekarang memiliki HP!

One thought on “Mencari HP di Korea itu Susah

  1. Hallo mas saya berencana.ada student.exchange di.bulan.ini sampai juli. Ingin sekali punya hp di korea yg pre paid begitu karena saya googling kok yang pasca bayar mahal sekali. Boleh tahu email mas yang menawarkan hp? Herhehehe
    .tolong ya mas
    Ini email saya yolandaputriyuda@gmail.com
    Gamsahamnida

Leave a Reply

