Hippocampus Segmentation

Wah, apa itu? Itu adalah salah satu topik riset di lab saya dan saya termasuk salah seorang anggotanya. Jadi inti dari riset ini adalah memisahkan hippocampus dari seluruh gambar otak hasil MRI atau PET. Ok, pelan-pelan.

MRI adalah Magnetic Resonance Imaging, salah satu alat yang digunakan untuk mengetahui apa yang ada di dalam tubuh kita tanpa perlu membedahnya. Dengan MRI, kita dapat mengetahui anatomi dari otak, tulang, dll. Prinsip kerjanya menggunakan gelombang magnet untuk merubah orientasi dari medan magnet tubuh. Ribet memang, tapi ini adalah alat yang paling mutakhir dan paling mahal dalam dunia kedokteran saat ini.

PET adalah kependekan dari Positron Emission Tomography. Mirip MRI, PET digunakan untuk melihat apa yang berada dalam tubuh seseorang. Bedanya, jika MRI menggunakan medan magnet, PET menggunakan suatu zat kontras yang disuntikkan ke dalam tubuh. Zat tersebut akan mengalir dalam aliran darah dan diamati menggunakan gamma camera. Dengan PET, bukan hanya anatomi yang dapat dilihat, tetapi juga fisiologi dari si pasien.

MRI sudah, PET sudah. Sekarang kita beralih ke hippocampus. Hippocampus adalah sebuah bagian kecil dari otak yang berbentuk seperti kuda laut. Hipoocampus sangat penting, karena dengan mendeteksi perubahan ukuran hippocampus, kita dapat mendeteksi lebih dini terjadinya dementia. Apa pula dementia itu? Dementia adalah penyakit yang berhubungan dengan otak manusia, sejenis alzheimer, schizophrenia, melancholy, dll.

Jadi inti dari riset ini adalah mendapatkan bentuk dan ukuran (volume hippocampus). Hanya itu. Mudah dong? Ya kita liat saja nanti bagaimana hasilnya. Sebagai bonus, ada beberapa gambar dari MRI, PET, dan citra otak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s