Solo Traveller

Yes! It is me. Kesana-kesini, ngalor-ngidul, ngetan-ngulon mengunjungi beberapa daerah dan tempat menarik di Korea Selatan, seorang diri. Banyak yang bilang saya freak, aneh, nggak punya teman, dll. Ok, kalo freak, bisa saya pastikan saya tidak freak. Masih normal-normal saja. Teman? Untuk teman asal Indonesia sekampus memang tidak punya, tapi di kampus ini saya punya banyak teman. Kalau aneh, ya mungkin. Kenapa mungkin? Karena saya lebih bisa menikmati jalan seorang diri daripada rombongan. Alasannya:

1. Saya bebas kemana-mana tanpa mempedulikan perasaan orang lain
2. Saya bisa membeli barang apapun tanpa perlu malu
3. Saya bisa gagal menawar barang dan mendapatkan harga barang mahal namun tidak akan ada yang menyalahkan saya atas hal itu
4. Saya bisa berlama-lama di suatu tempat atau hanya berkunjung sesaat di tempat tersebut
5. Jika saya menemukan tempat yang tenang dan nyaman, saya bisa langsung merenung tanpa harus memikirkan orang lain

Akan tetapi, ada satu kerugian bersolo travelling, yaitu susahnya mendapatkan foto objek dengan kita berada di foto tersebut. Mungkin bisa meminta tolong orang lain yang ada di situ untuk memfoto kita, tapi apa ya mau minta foto terus-terusan. Bisa juga memasang self-timer pada kamera dan lari untuk berfoto bersama background yang kita inginkan. Namun akan sangat aneh dilihat jika ada seseorang yang berlari-lari, berpose, dan kemudian kembali ke kamera dengan berjalan sambil mengecek hasil fotonya, meskipun saya sering melakukan hal ini, terutama ketika tidak ada/hanya ada sedikit orang.

So, semua kembali ke diri kita masing-masing. Lebih nyaman berjalan-jalan sendirian atau bersama teman-teman. Yang penting sama-sama bisa menikmati perjalanan.

Salam travelling!

Leave a Reply

