Solo Traveller on Seoul (bagian 1 – KMMS)

Alhamdulillah, saya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Seoul lagi. Jika sebelumnya saya ke Seoul dalam rangka mengikuti seminar tentang medical imaging, kali ini saya ke sana sebagai pembicara dalam KMMS (Korea Multimedia Society). Paper saya yang merupakan modifikasi paper tugas akhir saya diterima dan saya akan mempresentasikannya di Ewha Womans University, tempat yang sama seperti seminar yang diadakan bulan lalu.

Jika bulan lalu saya pergi bersama Nick dan Teddy, kali ini saya pergi bersama Yong Seok, seorang anak Korea yang saya akui sangat aktif dan sangat pintar. Sebenarnya dia juga mengirim paper ke konferens ini, sayangnya dia melewati batas waktu pengumpulan. Akhirnya, hanya sayalah wakil dari lab yang akan presentasi.

Kami sampai di sana pukul 1 siang pada hari Jumat dan langsung menuju ke tempat acara untuk registrasi. Gilanya, tempat acara ini terletak di ujung belakang dari Ewha University dan itu tidak dekat, mungkin sekitar 700m, sama seperti dari gerbang depan ITB ke kerbang belakang. Bedanya, di sini jalannya menanjak. Tempat KMMS berlangsung adalah di dekat Geumhwa TUnnel, dan kami masuk dari main gate (lihat peta)

Setelah sampai sana, kami mendaftar di meja registrasi. Saya mendapatkan kit seminar berupa buku, proceeding, cd, dan name tag. Jadwal presentasi saya masih besok, sehingga hari ini saya hanya menonton acara saja. Acara dibuka oleh sambutan dari beberapa petinggi KMMS, rektor Ewha, dan sponsor (LG+). Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan sesi parallel. Saya masuk ke sesi mengenai computer vision dan melihat beberapa paper yang menarik. Meskipun presentasinya dalam bahasa Korea, untungnya slide yang digunakan dalam bahasa Inggris. Setelah itu masih ada sesi pembicara tamu, dan temanya tentang holografi dan mikroskop. Saya langsung teringat dengan sahabat saya yang tugas akhirnya mengenai holografi. Dan dengan (sok) kerennya, pada akhir sesi saya mengajukan pertanyaan meskipun dia berpresentasi dalam bahasa korea. Well, Hari itu ditutup dengan penghargaan untuk paper terbaik, dll.

Keesokan harinya, giliran saya untuk presentasi. Saya mengenakan kemeja putih, dasi coklat, celana bahan, dan rompi coklat. Sebenarnya ingin menggunakan jas, tapi sayang saya meninggalkannya di Indonesia karena kelebihan bagasi pada saat berangkat. Saya menanti sesi saya yang akan dimulai pukul 12.00 sambil mendengarkan pembicara tamu. Entah sudah berapa kali saya mempresentasikan topik yang serupa, namun tetap saja saya merasa deg-degan. Mungkin karena ini pertama kali saya presentasi di konferens internasional yang tidak dilaksanakan di Indonesia.

Jam 12.00, saya masuk ruangan B158, tempat saya akan presentasi. Saya mengcopy file dari usb ke computer dan duduk mendengarkan pembeicara-pembicara lain. Akhirnya, pembicara keempat, saya. Saya maju dan mulai menerangkan slide saya. FYI, hanya 1 dari 5 pembicara di sesi itu yang menggunakan bahasa Inggris. Tebak siapa orang itu. Ya benar, saya. Meskipun demikian, alhamdulil;ah, bagi saya, presentasi pertama saya ini berlangsung lancar. Ada pertanyaan dan saya bisa menjawabnya, meskipun pada akhirnya saya diminta untuk menyajikan data yang lebih terukur.

Ya, that’s all. 2 hari pertama saya di Seoul diisi dengan mendengarkan dan presentasi di Korea Multimedia Society. Satu hal yang saya dapatkan di sini, kultur Korea dan Indonesia sangat berbeda. Di Indonesia, jika ada 1 orang saja audience yang berasal dari luar negeri, maka si pembicara harus mentranslate seluruh presentasinya ke bahasa inggris. Sedangkan di sini, meskipun ada beberapa mahasiswa internasional, tetap saja yang digunakan adalah bahasa korea. Ya mungkin mereka sudah nyaman dengan bahasanya sendiri.

Ok, ini baru bagian 1. Masih ada bagian-bagian lainnya. Sampai jumpa.

2 thoughts on “Solo Traveller on Seoul (bagian 1 – KMMS)

Leave a Reply

