The Only Indonesian

Ya, satu-satunya orang Indonesia di sini, di jurusan ini, di kampus ini. Lebih jauh, sejauh ini aya adalah satu-satunya mahasiswa Indonesia di kota ini. Lalu kenapa?

Sebagai satu-satunya orang Indonesia, artinya saya membawa nama Indonesia. Jika para atlet bertanding membawa nama Indonesia di dunia olahraga untuk mendapatkan kemenangan atau medali, saya di sini membawa Indonesia lebih untuk menjaga nama baiknya. Saya representasi Indonesia. Setiap apa yang saya lakukan selalu dikaitkan dengan Indonesia secara keseluruhan. Padahal apa sih saya? Hanya seorang warga Indonesia dari 200.000.000 warga negara Indonesia. Artinya saya hanya 0,0000005% dari Indonesia.

Setiap saya sholat di lab, orang-orang bertanya apakah seluruh orang Indonesia sholat seperti saya? Apakah semuanya Muslim?

  • Saat saya tidak makan siang karena semua menunya mengandung babi, mereka bertanya apakah seluruh orang Indonesia tidak makan babi? Begitu pula ketika saya menolak minum alkohol berwujud bir atau soju.
  • Ketika saya menjelaskan sesuatu dengan bahasa Inggris, mereka bertanya apakah semua orang Indonesia dapat berbahasa Inggris dengan lancar seperti saya?
  • Ketika saya bercerita bagaimana perjalanan pendidikan saya sejak SD sampai kuliah, mereka bertanya apakah semua orang Indonesia jenius seperti saya (ini pun saya tidak tahu kenapa sya bisa dikatakan jenius)?

Untunglah mereka bertanya, sehingga saya bisa menjelaskan bahwa tidak semua warga Indonesia sama seperti saya. Saya pun perlu menjelaskan bahwa penduduk Indonesia sangat banyak, sulit untuk menggeneralisir semuanya. Namun yang saya takutkan adalah ketika mereka tidak bertanya dan saya tidak tahu apa yang mereka pikirkan. Kalau-kalau saya melakukan hal yang salah atau kebodohan yang tidak jelas, mereka mungkin akan langsung berpikir bahwa semua warga Indonesia bodoh.

Lalu apa solusinya? Sebisa mungkin saya menjaga sikap, perbuatan, dan perkataan selama di sini. Mencoba untuk mengaplikasikan apa yang biasa orang Indonesia lakukan, seperti senyum, rendah hati, senang membantu, dll. Saya memposisikan diri saya sebagai representasi Indonesia, khususnya di mata civitas akademika kampus Inje University, dan umumnya di seluruh Gimhae.

4 bulan saya sudah di sini, alhamdulillah sampai sekarang saya tidak aneh-aneh. semoga tidak aneh-aneh pula apa yang ada di kepala orang-orang.

One thought on “The Only Indonesian

  1. mantebh.. menjaga nama baik Indonesia yon..
    Untunge ra takok, apa orang Indonesia mengidolakan Arman “Gigi” ya? *ups

    Btw, tukeran link yon. Suwun..

Leave a Reply

