Mahasiswa TKI – Daily Activity

Saya menulis lagi setelah sekian lama tidak menulis. Sedikit banyak bekerja telah menyita waktu saya. Bagaimana tidak, saya bekerja mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore. Saya sendiri tiap hari berangkat naik bus umum, maka saya harus berangkat pukul 7 pagi dari dorm agar tidak terlambat. Untuk bangun tidur sendiri adalah pukul 6 pagi dan sholat subuh pukul 6 lewat 5 menit. Praktis hanya ada waktu 1 jam kurang untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat, termasuk sikat gigi, sarapan, ganti baju, dll. O iya, selama bekerja ini saya tidak mandi pagi (ini bukan aib kok, jadi saya bangga-bangga saja menceritakannya). Kenapa? Karena air panas di dorm belum menyala pada saat itu. Jadi daripada saya menggigil kedinginan gara-gara mandi air dingin, saya memilih untuk mandi pada malam hari dan cukup cuci muka dan sikat gigi pagi harinya.

Saya sampai kantor kira-kira 7.45. Saya masuk ke ruangan rapat untuk berganti jaket, dari jaket winter ke jaket kerja. Seperti apakah jaket kerja itu? Hanya sebuah jaket tipis berwarna krem muda dengan tulisan 택광실업(주) pada dada kiri. Jaket ini merupakan syarat wajib pakai jika mengambil makan siang, karena hanya orang yang mengenakan jaket saja yang akan mendapatkan makanan. Langsung saya mengambil laptop yang disimpan di ruangan mekanik dan meletakkannya di meja kerja.

Laptop saya adalah laptop kuno bermerk Samsung SensX15 yang masih enggunakan prosesor Intel Centrino dan VGA Intel on-chip. Bukan spesifikasinya yang penting, melainkan saya punya sesuatu untuk dikerjakan di sini, entah itu hanya browsing atau mengerjakan tugas menggunakan laptop ini.

Yang saya lakukan di sini setiap hari memang berkaitan dengan komputer, tepatnya programming. Satu-satunya hambatan saya adalah kurangnya pengalaman saya dalam bidang programming. Itu pula yang menyebabkan nilai Algoritma dan Struktur Data saat kuliah S1 mendapat BC. Dan seperti yang yang sudah saya tulis sebelumnya, jurusan saya di sini adalah computer science yang jelas membutuhkan kemampuan programming. Jadilah saya harus belajar lebih keras.

Ada 2 hal utama yang saya kerjakan di sini, Visual Basic dan Database. Visual Basic sudah pernah saya lakukan sejak SMA, meskipun saat kuliah saya lebih banyak menggunakan C dan MATLAB. Database lah masalah utamanya. Saya berkali-kali mendengar tentang Sql dan Oracle naun tidak pernah tahu apa itu. Baru kali inilah saya menghadapi Sql dan Oracle yang terintegrasi dengan Visual Basic dan terhubung dengan seluruh bagian di Taekwang. Sistem yang sangat besar untuk saya. Mission Impossible kah? Tidak, saya pasti bisa mengerjakannya.

Siang harinya seluruh pekerja di Taekwang, baik itu pekerja pabrik sampai pekerja kantoran, makan bersama di restoran khusus staf. Menu masakan di sini jauh lebih enak dibandingkan makanan di dorm. Kalau tidak salah baru sekali lauknya yang jelas-jelas daging babi, selebihnya adalah ikan atau ayam. Tidak lupa saya sholat dhuhur di ruang rapat setelah makan. Kemudian saya lanjut bekerja, sholat asar, dan pulang. Untuk sore harinya sendiri, kadang disediakan dinner, sehingga saya tidak perlu memasak nasi dan tuna di dorm.

Ini adalah pengalaman pertama saya bekerja, terlebih bidangnya merupakan bidang yang belum terlalu saya kuasai. Jadilah saya harus berusaha ekstra keras untuk dapat beradaptasi.

Salam Mahasiswa TKI!

 

Leave a Reply

