한국어 수업

Akhirnya setelah satu semester berada di korea tanpa memiliki kemampuan berbahasa Korea sama sekali, kelas bahasa Korea di kampus saya pun dibuka. Pembukaan kelas ini dimulai dengan placement test yang menurut teman-teman saya, soalnya sejenis TOPIK (TOEFLnya Korea). Tentu saja hal ini seharusnya membuat saya deg-degan. Namun sebaliknya, saya melihat semua itu biasa saja, karena saya benar-benar tanpa beban dalam menghadapi tes itu.

Ada 2 kelas yang dibuka, 1 dan 2. Dalam bayangan saya, saya sudah yakin akan masuk kelas 1. Saya pun mengerjakan tes itu dengan santai. Saya mencoba menjawab dengan kosa kata minimal dan grammar yang acak-acakan. Ada juga bagian mengarang dalam tes itu. Dari soalnya, saya hanya mengerti 2 buah kata, yaitu 친구 dan 변지 yang artinya adalah teman dan surat. Jadilah saya menulis sebuah surat yang menceritakan teman saya yang bernama Andi. Suratnya singkat, hanya 3 kalimat yabg dalam bahas Indonesia,

Saya punya teman. Dia namanya Andi. Andi suka makan kimchi

Betapa konyolnya surat yang saya buat. Akan tetapi, kekonyolan saya belum berhenti.

Bagian kedua dari tes itu adalah wawancara. Seorang wanita 30an tahun mewawancarai saya. Saya menjawab dengan apa adanya dan percaya diri. Sampai-sampai pewawancara heran saya bisa bahas Korea padahal belum pernah ikut les atau kelas bahasa korea sebelumnya. Saya pun menjawabnya,

저는 책을 먹어요

Langsung si pewawancara tertawa terbahak-bahak. Ya, saya salah menggunakan kata kerja. Seharusnya saya menggunakan 읽어요 yang berarti membaca. Alih-alih menggunakan kata itu, saya malah menggunakan 먹어요 yang berarti makan. Jadi, kalimat saya berarti memakan buku. Kacau sekali wawancara itu meskipun kami berdua ngobrol dengan cukup lancar.

Dan akhirnya, pengumuman hasil tes itu muncul keesokan paginya. Mengejutkan karena saya dimasukkan ke kelas 2, yang artinya dianggap sudah memiliki basic cukup kuat. Baiklah, berhubung saya masuk ke level yang lebih tinggi, artinya pelajarannya makin susah dan saya harus lebih rajin belajar. 화이팅!!!

One thought on “한국어 수업

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s