Mereview Semester Pertama di Korea

Tidak terasa, sudah satu semester saya lalui di Korea ini. Saat tulisan ini dibuat, bahkan saya sudah hampir memasuki bulan ke 8 saya berada di Korea (fyi, saya datang pertama kali di Korea tanggal 1 September 2011). Apa yang sudah saya dapatkan satu semester di sini benar-benar hal yang luar biasa bagi saya pribadi dan sedikit untuk Indonesia.

Dimulai dari saya mengikuti seminar pertama kali pada bulan November 2011 di Seoul. Seminar ini bernama Korea Multimedia Society, dan karena profesor saya merupakan salah satu petingginya, beliau meminta saya mengirimkan paper ke sini. Berikutnya, masih dari akademik, saya mempelajari parallel processing, hal yang tidak pernah saya pelajari saat S1 dulu. Susah memang, apalagi bagi saya yang basicnya bukan programmer. Di sini saya dituntut untuk membuat program dengan rapi dan terstruktur. Saat saya di kampus gajah dulu, inti dari membuat program adalah program itu berjalan dengan benar, titik. Dan dari ranah akademik, achievement saya yang menurut saya cukup membanggakan Indonesia adalah mendapatkan triple A+ di semester ini. Kenapa membanggakan Indonesia? Karena saya adalah satu-satunya mahasiswa Indonesia di kampus ini, dan kata profesor saya, saya dikenal tidak hanya oleh dosen-dosen di departemen Computer Engineering, tetapi juga di departemen lain. Saya yakin mereka tidak akan mengenal atau menghafal nama saya dengan mudah, tapi saya yakin mereka akan tahu tentang seorang mahasiswa Indonesia ini.

Di luar akademik, saya berhasil nampil bermain gitar dan bernyanyi di panggung internasional, tepatnya di acara Global Performance yang dilaksanakan di Busan. Bukan hal yang membanggakan memang, tapi setidaknya ini adalah salah satu hal yang bisa saya masukkan ke dalam kenangan saya selama di Korea.

Masih dari luar akademik, saya mengenal Perpika, Persatuan Pelajar Indonesia di Korea Selatan. Merupakan hal yang menyenangkan bertemu dengan teman-teman Indonesia yang tidak pernah saya temui di kampus. Saya pun mengikuti beberapa acara Perpika, seperti gathering wilayah 3 (Busan, Gimhae, Gwangju, dan sekitarnya) dan ikut datang ke acara ulang tahun Universitas Terbuka Korea (yang pada saat itu saya hanya datang sebagai anggota Perpika saja, bukan tutor ataupun pengurus UT Korea). Saya juga punya keluarga Ikatan Alumni Elektro ITB cabang Korea Selatan, menyenangkan sekali kumpul-kumpul bersama mereka, termasuk di dalamnya menceritakan pengalaman dengan dosen-dosen unik ITB.

Terakhir, di akhir-akhir semester kemarin, saya mendapatkan kesempatan magang di salah satu perusahaan di Korea bernama Taekwang, dimana perusahaan ini merupakan produsen sepatu Nike. Ini adalah pengalaman menarik bagi saya karena selama ini saya belum pernah  bekerja di perusahaan manapun itu.

Jadi, satu semester telah berlalu. Entah saya harus menyebutnya baru satu semester atau tinggal 3 semester lagi di Korea, yang jelas saya harus menikmati semua proses belajar dan mencari pengalaman di sini.🙂

2 thoughts on “Mereview Semester Pertama di Korea

Leave a Reply

