Stadion-stadion di Korea

Seeprti yang kita tahu, Korea merupakan salah satu tuan rumah Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan bersama Jepang. Korea juga merupakan tuan rumah Asian Games 2000. Satu lagi, Korea adalah tuan rumah Olimpiade 1988. dari hal-hal ini dapat dipastikan bahwa Korea telah menyiapkan berbagai macam hal untuk menggelar event-event berskala internasional tersebut, salah satunya adalah membuat Stadion.

Stadion memang pada dasarnya adalah tempat khusus untuk menonton pertandingan sepakbola, akan tetapi stadion-stadion pun dapat berfungsi untuk menggelar olahraga lain, ataupun tempat konser. Pada event Piala Dunia 2002 lalu, Korea menyiapkan beberapa stadion di beberapa kota besar, antara lain Seoul, Busan, Incheon, Gwangju, Jeju, Daegu, Daejeon, dan Suwon. Asian Games 2000 diadakan terpusat di sekitar Busan Stadium, dan olimpiade 1988 dilangsungkan di Seoul Olympic Stadium.

Saya yang memang pada dasarnya hobi jalan-jalan, terlah menjelajah ke 4 stadion di Korea, yaitu Daegu, Busan, Seoul, dan Seoul Olympic. Selain dapat menikmati keindahan dan kemegahan arsitektur stadion, di sana juga sering ada museum-museum tempat menyimpan memorabilia dan kenangan atas event-event yang pernah berlangsung.

Sebagai contoh, di Seoul World Cup Stadium terdapat museum piala dunia yang berisi berbagai macam pernik piala dunia. Selain itu di stadion ini pun pengunjung dapat masuk ke stadionnya secara langsung, mengikuti jalur tur yang sudah disediakan. Pengunjung pun dapat melihat ruang ganti pemain, ruang pemanasan, bahkan sampai ke tempat pemain cadangan di samping lapangan. Di Busan stadium, kita bisa melihat telapak kaki para pemain Korea saat Piala Dunia 2002 lalu. Sudah jelas kita akan bisa meihat telapak tangan Park Ji Sung, Ahn Jung Hwan, sampai pelatih Guus Hiddink. Sedangkan di Seoul Olympic Stadium kita bisa melihat kiprah para atlet korea selama perjalanan Olimpiade. Di Daegu saya tidak sempat melihat ada tidaknya museum di sana, karena saya ke sana hanya untuk melihat konser Asia Song Festival yang dilangsungkan untuk memperingati suksesnya perlombaan atletik internasional di sana.

Mungkin stadion-stadion di Indonesia dapat mencontoh stadion-stadion di Korea. Selain pengelolaannya yang perlu dibuat lebih baik, di sana juga perlu diberikan fasilitas untuk pengujung yang ingin sekedar berwisata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s