PPI Jerman vs (beberapa) Anggota DPR-RI

Indonesia geger karena tiba-tiba perwakilan PPI Jerman mengkritik anggota DPR yang sedang mengadakan studi banding ke Jerman. Tidak hanya mengkritik, mereka juga melakukan aksi walkout dari acara gala dinner yang dilakukan di KBRI Jerman. Silakan lihat di sini jika belum sempat melihat video kontroversial tersebut.

PPI Jerman

Yang ingin saya garisbawahi di sini adalah keberanian mahasiswa Indonesia di Jerman untuk mengritik secara langsung di depan para anggota DPR tersebut, tidak hanya melalui media-media massa dan elektronik. Saya pun sampai saat ini hanya bisa mengritik sikap dan kebijakan mereka melalui media elektronik karena tidak memiliki kesempatan untuk bertemu dan mengkritik langsung.

Sebenarnya semua yang disampaikan oleh mereka (mahasiswa) merupakan hal-hal yang sering kita dengar, seperti memprotes seringnya studi banding yang dilakukan tanpa adanya laporan hasil studi banding tersebut, banyaknya anggota keluarga yang ikut, kegiatan yang sebagian besar hanya berbelanja, sampai betapa para anggota DPR tersebut merepotkan pihak KBRI karena harus mengurus mereka selama mereka di sana, termasuk antar jemput ke hotel dan pusat perbelanjaan. Akan tetapi saya paling salut dengan keberanian mereka untuk mengecap anggota DPR yang hobi ke luar negeri dengan cap kampung.

Saya yakin banyak rakyat Indonesia yang memiliki unek-unek yang sama dengan para mahasiswa, bahkan saya pun pernah menulis tentang keadaan DPR yang kacau di blog ini. Apa yang dilakukan mahasiswa Indonesia di Jerman tersebut seharusnya bisa menjadi tamparan yang cukup keras bagi para anggota DPR, setidaknya mereka akan merasa malu jika mereka masih memiliki urat malu.

Yang jelas, kritikan yang disampaikan langsung kepada anggota DPR ini jauh lebih efektif dibandingkan aksi demo yang selalu meresahkan masyarakat dan sering merusak fasilitas umum. Mereka mahasiswa cerdas dan berani. Saya berharap PPI Korea Selatan pun dapat seberani mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s