Membaca dan Menulis Hangeul

Seperti yang kita tahu, Korea tidak menggunakan alfabet romawi sebagai huruf nasionalnya. Sebagai gantinya, mereka menggunakan huruf yang biasa disebut dengan hangeul. huruf ini sendiri dibuat oleh seorang raja bernama Sejong sangat sangat terkenal di Korea.

Bagaimana cara membaca huruf ini? Sebenarnya sangat mudah. Pada penulisannya, sebuah suku kata ditulis dalam sebuah rangkaian hangeul. Contoh: 한 (han), 글(geul). Huruf yang terletak di kiri atas atau atas adalah huruf pertama. Huruf yang terletak di kanan atas atau di tengah adalah huruf vokal. Sedangkan huruf yang terletak di bawah adalah huruf mati di akhir suku kata.

http://30.media.tumblr.com/tumblr_lq1eadSbY61qice4lo1_1280.jpg

Gambar di atas adalah tabel jenis-jenis huruf dalam hangeul. Silakan belajar jika berminat. Sebagai contoh, silakan baca hangeul berikut:

요니 셉디안 이스만더거

8 thoughts on “Membaca dan Menulis Hangeul

    • hehehe. Pada dasarnya cukup menghafal hururf-hurunya saja. Karena ini sama seperti alfabet, hanya saja satu suku kata dalam hangeul terdiri dari 3 macam huruf. Percayalah, menghafalkan arti-arti kata jauh lebih susah dibandingkan membacanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s