6 kilogram

8 bulan beberapa minggu sudah saya berada di negeri ini, negeri yang dulu terkenal dengan negeri gingseng namun sekarang lebih terkenal sebagai negeri boyband/girlband. Sejak hari pertama saya di sini, saya tinggal di asrama yang disediakan universitas. Awalnya, asrama saya bernama Global Town, dan ini terletak di puncak bukit kampus, sehingga setiap hari saya menuruni gunung di pagi hari dan mendakinya di malam hari. Setelah satu semester berakhir, saya pindah ke asrama yang terletak lebih dekat dengan lab, asrama ini bernama Bio-Tech Village.

Hal yang sama di kedua asrama ini adalah disediakannya makan pagi dan makan malam. Makan pagi disediakan pukul 7.30-9.30 dan makan malam disediakan pukul 17.00-19.00. Benar, makan malam dimulai pukul 5 sore. Memang ini bukan kebiasaan normal di Indonesia, namun makan makan jam 5 sore merupakan hal biasa di sini. Jadi jangan heran jika saat musim panas, sesuatu yang disebut dinner itu dilangsungkan ketika matahari masih bersinar dengan terangnya.

Kehidupan saya di sini sebenarnya cukup terhambat dengan sulitnya mencari makanan halal, termasuk makanandi asrama. Jadilah saya setiap hari mengecek menu makanan apa yang disediakan di sana, jika makanannya aman, saya akan makan dengan pol-polan, akan tetapi jika makanannya tidak dapat dimakan, saya biasanya hanya makan nasi dan sayuran saja, lengkap dengan kimchi yang rasanya tidak karuan.

Terlepas dari apa lauk yang saya makan, di Korea ini saya makan dengan teratur. Saya pasti makan pagi dan makan malam, sedangkan makan siang tergantung mood dan kondisi kelaparan perut saja. Ini berkebalikan dengan apa yang lakukan saat berkuliah di Indonesia. Di sana, saya hanya makan siang saja, sedangkan sarapan hanya susu dan makan malam biasanya saya lakukan jika memang lapar saja. Tidak heran ketika di Indonesia saya nampak kurus kering. Keadaan itulah yang saya bawa ke sini.

Akan tetapi beberapa malam yang lalu, teman lab yang sudah bersama di lab sejak pertama kali saya di sini berkata,

웅기: Yonny, you look fatter

Saya: Really?

웅기: Yes. Your face is round now. It’s different than the first time you came here. But I think it is better than before

Saya: hahaha.Thank you

병진: Your face also looks different

Saya: heh? Why?

병진: 반짝 반짝!!

Saya: hahaha, (Saya tahu apa yang dimaksudnya adalah bersinar. Entah maksudnya saya putihan atau malah terlihat keling karena makin hitam.)

Keesokan harinya, saya ke gym untuk berlari sejenak. Kemudian, saya mengecek berat bada saya di sana. Benar kata teman saya, saat ini berat saya adalah 62,4kg. Ini meningkat lebih dari 6kg sejak berangkat dari Indonesia. Menurut tabel BMI, berat badan dan tinggi saya saat ini adalah normal, tidak under/overweight. Tapi entah kenapa saya tetap ingin menurunkan berat badan saya ini, 60kg nampaknya cukup. Mari berolahraga!

Leave a Reply

