(Bukan) Kampus Besar

Kampus saya adalah kampus swasta yang terletak di sebuah kota kecil, bukan Seoul, bukan pula Daejeon atau Busan. Implikasinya adalah jarang ada orang yang kenal kampus saya. Jangankan kampus saya, bahkan kota saya pun jarang dikenal oleh orang-orang.

Secara kualitas, bisa dikatakan kampus saya bukan kampus level atas, hanya kelas menengah dan sedikit ke atas. Lalu kenapa saya mau ke kampus ini? Jawaban hanya satu, saya hanya mendaftar ke kampus ini, dan pendaftaran itu pun berlatar belakang mencari pengalaman. Hal ini bukan berarti saya tidak ingin mencari ilmu, karena saya pun sempat mencari info tentang profesor saya di sini, dan publikasinya lumayan banyak (terbukti ketika dia mengirimkan CVnya ke seluruh mahasiswa lab, dan saya hanya terbengong melihat CVnya berjumlah 86 halaman).

Sebelum saya ke Korea, kampus level atas di Korea yang saya tahu hanyalah KAIST, itu pun karena banyak orang yang mengikuti seleksi masuk ke sana. Sesampainya di sini, barulah saya tahu ada kampus bernama Yonsei, SNU, Korea, GIST, Postech, dll yang juga termasuk universitas level atas. Akan tetapi saya tidak pernah minder ketika ditanya orang kuliah dimana, di kota mana, dll. Karena meskipun kampus saya adalah kampus biasa saja yang kelasnya mungkin di bawah kampus-kampus tersebut di atas, saya menikmati proses belajar saya di sini. Selain karena labnya sesuai dengan bidang yang saya minati, saya juga menjadi seorang yang (dianggap) superior di sini.

Sering kali teman-teman lab bertanya kepada saya, baik itu masalah bahasa inggris, maupun tentang pelajaran. Beruntunglah, sampai saat ini saya bisa menjawab dan membantu mereka. Alhasil, sebutan-sebutan semacam ‘jenius’, ‘jjang’ pun melekat di diri saya. Mungkin, jika saya berada di kampus level atas, saya tidak akan mengalami hal ini, karena teman-teman saya pasti jauh lebih superior. Hal ini menimbulkan pertanyaan, andaikan saya mendaftar di KAIST, SNU, atau Yonsei, akankah saya diterima?

Well, sudah 2 semester di sini, sudah 2 conference saya ikuti, dan masih ada 1 tahun menanti. What will happen later? Nobody knows.🙂

2 thoughts on “(Bukan) Kampus Besar

    • dia masukin semua publikasi ilmiahnya, baik yang konferens lokal, internasional, sama jurnal2. Seminar2 yang diikuti juga dimasukin. Nggak lupa kepanitiaannya juga dimasukin semua.

Leave a Reply

