Marhaban Ya Ramadhan

Selamat datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, bulan penuh rahmat, dan bulan penuh ampunan dari Allah SWT. Ramadhan kali ini akan menjadi Ramadhan kesekian saya berada jauh dari keluarga. Jika sebelum-sebelumnya saya ‘hanya’ berada di Bandung, kali ini saya berada di Korea Selatan. Ada beberapa hal yang membedakan Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya.

  1. Selama di Bandung, setiap makan sahur saya selalu makan dari makanan yang disiapkan oleh bibi kos. Sehingga saya tidak perlu keluar untuk mencari makan sahur. Di sini tidak ada bibi kos, saya benar-benar sendirian. Kemungkinan besar saya hanya akan memasak makanan sederhana (baca: mie instan) untuk sahur. Perlu diketahui, harga mie instan asli Indonesia di Korea adalah 500 Won, kira-kira 4000-4500 rupiah.
  2. Di Korea, jumlah orang yang berpuasa sangat sedikit, berbeda dengan di Indonesia dimana mayoritas orang berpuasa. Yang saya bayangkan mungkin puasa di sini rasanya akan seperti puasa sunah di Indonesia.
  3. Musim panas di Korea menyebabkan matahari lebih sering ada. Akibatnya siang hari akan berjalan lebih panjang, begitu pula lamanya berpuasa. Dari jadwal yang saya dapatkan di islamicfinder.com, Imsak (subuh) di Korea adalah pukul 3.44 dan magrib adalah pukul 19.37. Jadi kira-kira saya akan berpuasa 15-16 jam per hari. Namun untunglah dari jadwal tersebut terlihat bahwa semakin menuju akhir ramadhan, waktu sahur semakin mundur dan waktu berbuka semakin maju. Jadwal hari terakhir puasa adalah 4.16 – 19.10
  4. Masih berkaitan dengan summer, mata harus selalu dijaga dengan baik. Mbak-mbak summer di Korea itu berbahaya, bagian atas diturunkan dan bagian bawah dinaikkan. Solusinya ada 2, jangan terlalu sering keluar ruangan, dan jika keluar ruangan jangan menggunakan kacamata (mata saya minus). Setidaknya itu sudah berusaha untuk menjaga mata.
  5. Terawih di Korea sebenarnya bisa dilakukan di musola-musola Indonesia. Namun jadwal isya adalah sekitar pukul 9. Ditambah terawih dll maka akan selesai pukul 11-11.30. Bus terakhir kembali ke asrama adalah pukul 11. Jadi kemungkinan besar saya hanya akan melakukan terawih berjamaah saat weekend saja, kecuali saya melanjutkan menginap di mushola dan berangkat magang dari mushola

Mungkin itu perbedaan mendasar puasa di Korea dan di Indonesia. Saya selalu teringat ucapan khotib-khotib di awal-awal ceramah bulan puasa

Manfaatkan Bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya, karena mungkin ini adalah Ramadhan terakhir kita dan tahun depan kita tidak bisa bertemu dengan Ramadhan lagi.”

Tahun ini saya dan keluarga berpuasa dan menjalankan ibadah Ramadhan tanpa papa. Padahal papa paling suka dengan Bulan Ramadhan, mulai mencoret jadwal puasa hari per hari, berangkat sholat berjamaah di masjid, menjadi pengisi kultum, terawih kelilingm sampai tadarus Al-Quran seusai sholat terawih. Tidak masalah, toh saya masih bisa berdoa untuk papa.

Terakhir, doa saya untuk menyambut Ramadhan kali ini,

Ya Allah, semoga Ramadhan kali ini menjadi Ramadhan yang penuh berkah, rahmat, dan ampunan dariMu kepadaku, keluargaku, dan seluruh umat muslim. Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dibanding Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Berikanlah aku kekuatan dan kemampuan untuk beribadah di bulan suci ini meski aku berada di tempat yang jauh dari keluarga dan di lingkungan minoritas. Jagalah mata, hati, telinga, mulut, dan perasaanku atas hal-hal yang tidak baik. Pertemukanlah aku dengan keluargaku di Indonesia lagi pada akhir Ramadhan dengan keadaan sehat wal afiat. Semoga aku bisa menyelesaikan Ramadhan ini dengan utuh dan dipertemukan lagi dengan Ramadhan tahun depan.

Akhir kata (udah macem kultum), mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan yang saya perbuatan, saya tulis, maupun saya ucapkan. Semoga kita semua disucikan Allah sebelum menyambut bulan suci ini. Selamat berpuasa, selamat beribadah, dan selamat berRamadhan.🙂

Salam kangen Indonesia dari Gimhae, Korea Selatan

-Yonny-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s