Mereka Ternyata Tahu Ramadhan

오늘 부터, 다음달 까지, 저는 밥을 안 먹어요.
이슬람 라마단 에서는, 무슬림 마다 단식의예요.

Saya menyusun kalimat di atas beberapa hari sebelum masuk kantor pertama kali pada bulan puasa. Tujuan utamanya adalah menjelaskan kenapa saya tidak makan siang. Isi dari kalimat di atas adalah

Mulai hari ini sampai bulan depan saya tidak makan. Dalam bulan Ramadhan, semua muslim harus puasa.

Saya membuat kalimat di atas dengan grammar terbaik yang saya miliki agar orang kantor tahu apa yang saya maksudkan (orang kantor tidak bisa berbahasa Inggris). Tibalah saat makan siang pada hari Senin yang lalu. Teman-teman sudah bersiap untuk berangkat dan mengajak saya. Awalnya saya hanya menjawab,

안 먹어요 = Saya nggak makan

Mereka tampak kebingungan sejenak, namun salah satu dari mereka tiba-tiba berkata

아… 라마단…? = ah, Ramadhan ya?

Giliran saya yang bingung karena mereka tahu apa itu Ramadhan dan mereka juga tahu muslim tidak makan saat Ramadhan. Mereka pergi makan dan saya masih terbengong kebingungan. Hahaha

3 thoughts on “Mereka Ternyata Tahu Ramadhan

  1. mas kl boleh tanya kq bs smpe ke korea sih??? emg org mn gt??
    tulisan mas bagus low.. sy jd tmbh pengen ke korea wkt bln puasa.. hehehe
    mnta blzanny y,, trimksh sblmny

Leave a Reply

