Perubahan Anggota Lab dalam 1 Tahun

Saya sampai ke Korea dan menginjakkan kaki pertama kali di lab pada tanggal 2 September 2011. Saat itu saya hampir tidak bisa mengenali seluruh anggota lab, karena bagi mata saya, semuanya nampak sama. Namun lama-kelamaan saya mengenal mereka. Anggota lab saat pertama kali saya datang adalah:

  • Nick
  • Alta
  • WoongGi
  • JiHyeon
  • YoungTek
  • KiHun
  • NaRi
  • WoNo

Nick dan Alta adalah orang Mongolia. WoongGi adalah orang paling senior di labdan JHyeon adalah pacarnya. Anggota lab lainnya ya anggota-anggota biasa. Selama 1 semester mereka bertahan di lab. Di pertengahan semester pertama, datang lagi:

  • KyungMin
  • YongSok
  • SangMin
  • HoSong
  • ByongJin

KyungMin adalah anggota lab yang baru pulang dari pertukaran pelajar di Swedia. Akhirnya saya menemukan orang Korea dengan bahasa Inggris yang lumayan bagus. YongSok adalah anggota baru lab yang datang dari lab lain. Dia terkenal jenius karena segala hal dapat dilakukannya. SangMin sebelumnya juga anak dari lab lain yang berpindah ke lab saya. Jadilah pada saat itu tercatat ada 15 orang anggota lab (termasuk saya dan Bogi, mahasiswa S3 baru dari Mongolia).

Akan tetapi di akhir liburan musim dingin satu per satu anggota pergi. Dimulai dari Alta yang diusir profesor karena tidak produktif dalam menulis paper. YoungTek, KiHun, dan KyungMin lulus S1 dan tidak melanjutkan S2. NaRi diusir oleh WoongGi dari lab entah apa alasannya. YongSok memutuskan berpindah kampus ke Seoul University karena ingin berkuliah di kampus negeri sekaligus dekat dengan pacarnya di Seoul. SangMin pergi ke Kanada untuk belajar bahasa Inggris sebelum nantinya akan mendaftar ke kampus negeri di Korea.

Ada yang pergi pasti ada yang datang. Selama semester 2, ada beberapa anggota baru yang datang:

  • YongSeung
  • SuYong
  • Hyonsik
  • WonSok

YongSeung adalah mahasiswa S2 yang baru kembali dari belajar bahasa di Filipina. Syukurlah ada lagi yang bisa berbahasa Inggris dengan baik di lab. Sisanya adalah mahasiswa S1 tingkat 2 dan 3.

Di akhir semester musim semi, WoNo meninggalkan lab karena ingin menjadi guru SMA. YongSeung lulus S2 dan langsung bekerja. Sedangkan Nick sukses mendapat gelar PhDnya dan kembali ke Mongolia. Namun hal yang paling mengejutkan baru terjadi 2 hari yang lalu ketika WoongGi yang pada mulanya ‘dikontrak’ profesor untuk berkuliah sampai PhD tiba-tiba mengundurkan diri dan memilih bekerja di Seoul. Karena WoongGi pergi, JiHyeon pun ikut keluar dari lab. Jadilah anggota lab saya pada saat ini hanyalah:

  • Saya
  • Bogi
  • HoSong
  • ByongJin
  • SuYong
  • HyonSik
  • WonSol

Saya yang pada awalnya merupakan anak baru di lab ini tiba-tiba dalam setahun telah menjadi salah satu dari dua mahasiswa senior di lab. Hahaha. Kemungkinan besar semester depan akan ada seorang mahasiswa Cina dan seorang mahasiswa Laos yang akan masuk lab kami. Semoga mereka orangnya asik dan yang penting dapat berbahasa Inggris dengan baik.

One thought on “Perubahan Anggota Lab dalam 1 Tahun

  1. Dinamis banget yon lab nya…
    Btw, serem juga ya ada yang ampe diusir om prof dan temen se-lab. Lo jangan sampe ya. Gutlak yon!šŸ˜€

Leave a Reply

