Sedikit Cerita Yeosu Expo 2012

Kira-kira 1 minggu yang lalu saya baru sadar bahwa Yeosu Expo sebentar lagi akan selesai, dan saat penutupannya saya akan berada di Indonesia. Oleh karena itu saya memutuskan weekend yang lalu saya harus mengunjungi. Apa sebenarnya Yeosu Expo itu? Acara ini adalah suatu acara expo (pameran) yang melibatkan negara-negara di dunia. Tema dari Expo kali ini adalah Living The Ocean and Coast. Jadi hampir semua negara peserta memamerkan kekayaan alam lautnya dan juga teknologi-teknologi yang mereka miliki.

Beruntunglah tiba-tiba ada salah seorang anggota Perpika yang menawarkan tiket murah untuk masuk Expo. Tiket normalnya seharga 33.000 KRW untuk satu hari, namun dengan tiket ini, saya cukup membayar 3000 KRW saja. Awalnya ada saya, mas Fikar-mbak Dina, bang Mike, mbak Qoni, dan Ami yang akan berangkat. Tiba-tiba mbak Dina harus masuk kantor, maka mas Fikar pun turut membatalkan rencananya ke Yeosu. Begitu pula dengan bang Mike yang ternyata harus masuk kerja. Jadilah mbak Qoni dan Ami saja yang berangkat ke Yeosu.

Saya berangkat dari Busan pukul 9.30 pagi dan sampai di Yeosu pukul 12.30. Langsung saya menuju ke Expo dan menunggu rombongan Seoul datang (karena tiket masuk Expo dibawa mereka). Tak lama kemudian mereka datang dan kami bertiga masuk ke Expo.

Baru sampai di pintu masuk kami sudah dibuat takjub oleh LCD super besar yang dipasang di langit-langit Expo. Tampak ada 4 layar besar yang saling tersambung di sana dan menampilkan film-film atau animasi yang berkaitan dengan expo ini. Berikutnya kami berputar-putar mengunjungi pavilion-pavilion negara peserta expo, mulai dari Aljazair, Spanyol, Denmark, Israel, sampai Indonesia. Kemudian Hesti, anak Perpika yang menjadi volunteer di Expo ini, datang dan berganbung bersama kami. Jadilah saya satu-satunya laki-laki di antara mbak-mbak ini (betul-betul mbak-mbak karena sayalah yang paling muda). Kami melanjutkan ke beberapa negara lagi, seperti UAE dan Qatar.

Apa yang ditampilkan di tiap pavilion berbeda, mulai dari film dokumenter, film non-fiksi, Lego, panel-panel bertuliskan keadaan negara, patung, hiasan dinding, dll. Seperti expo pada umumnya, seluruh peserta ingin tampil sekeren mungkin sehingga bisa menarik banyak pengunjung. Benar, semakin menarik penampilan paviliunnya, semakin banyak orang yang antri di sana. Puas berkeliling negara, kami pindah ke gedung-gedung perusahaan sponsor yang terletak di pinggir laut. Sebelum kami memasukin gedung-gedung tersebut, kami sholat terlebih dahulu di balik gedung-gedung megah tersebut. Gedung boleh mewah, tapi karena ini di Korea, maka tidak ada mushola di dalamnya.

Berada di luar ruangan jauh lebih menyiksa karena sengatan cahaya matahari dan serangan perut lapar. Ditambah lagi kami harus antri cukup lama untuk masuk ke gedung LG. Di dalamnya kami dipameri segala macam teknologi baru LG, mulai dari 3DTV, augmented reality, green technology, dll. Bahkan LG membuat hutan buatan di dalam gedung tersebut, sehingga pengunjung seakan-akan berada di alam. Di ujung perjalanan, tibalah waktu berbuka. Kami berbuka dengan biskuit di atap gedung LG dengan memandang laut Yeosu lengkap dengan indahnya temaram lampu-lampu. Puas berfoto dan berjalan, kami turun untuk mencari makan malam yang sebenarnya.

Agenda terakhir kami adalah menonton Big-O show, sebuah show menggunakan air dan tata cahaya yang dilangsungkan di Big-O, landmark dari Yeosu Expo 2012. Kalau kata Hesti, tempat itu neraka orang, isinya orang semua dan sulit untuk mendapat tempat duduk yang nyaman untuk melihatnya. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk melihat show kedua yang sedikit lebih malam. Ketika show pertama usai dan orang-orang berhambur keluar, kami melawan arus dan mencari tempat duduk yang enak. Beruntung, kami duduk nyaris tepat di depan Big-O.

Bagi yang pernah melihat Musical Fountain di Sentosa Island Singapore, sebenarnya Big-O show ini tidak jauh berbeda dengan itu. Hanya saja yang unik di sini adalah adanya Big-O itu sendiri, dimana Big-O itu dijadikan sebagai layar dan menampilkan berbagai macam animasi. Tidak hanya tata cahaya, api pun turut bermain di sini. Keren!

Seusai Big-O show, kami segera berlari menuju ke terminal bus karena Mbak Qoni dan Ami sudah memiliki tiket bus untuk pukul 11.20, dan saat itu sudah menunjukkan pukul 10.30. Ternyata susah mencari bus pada saat itu. Semua bus penuh. Taksi pun sama halnya, setiap ada taksi yang lewat selalu terisi dengan penumpang. Akhirnya kami berjalan menuju terminal, padahal terminalnya jauh, 10 menit naik bus, dan jalannya naik turun gunung. Di tengah perjalanan ke terminal, ada bus yang berhenti di salah satu halte. Kami berlari dan naik ke bus yang sudah penuh dengan penumpang tersebut. Sayangnya, ketika sampai stasiun, jam sudah menunjukkan 11.21, dan bus sudah berangkat. Jadilah kami bertiga menginap di terminal bersama orang-orang yang juga kehabisan tiket bus.

Keesokan harinya mereka pulang dengan bus pagi, itupun setelah menunggu pemesan tiket yang belum datang saat keberangkatan. Mereka pulang, saya kembali ke Yeosu dan membuat janji bertemu Hesti untuk meminta tiket 3000annya. Tempat pertama yang saya tuju adalah Robot Show. Saya berangkat pagi berharap tidak antri terlalu panjang. Ternyata, petugas antrinya mengatakan saya harus menunggu 2 jam. Niat menonton sempat goyah melihat panjangnya antrian, namun mumpung masih di Yeosu Expo, saya nekat mengantri panjang dengan kondisi yang sangat panas dan perut lapar. Untunglah penantian saya tidak sia-sia karena yang ada di dalam Robot Show itu memang menarik, yaitu menampilkan karya-karya robot dari universitas di Korea.

Sambil menanti bus pulang saya berkeliling paviliun lagi dan diakhiri dengan membeli oleh-oleh. Well, selesailah cerita di Yeosu Expo 2012. Sampai jumpa di liputan perjalanan lainnya. *foto-foto ada di post sebelumnya ya

One thought on “Sedikit Cerita Yeosu Expo 2012

1. Halo~ habis searching di google trus masuk blog ini.. Wah enaknya bisa dateng langsung ke Yeosu Expo! Waktu itu cuma nonton liputannya di ArirangTV~ super keren! Bikin mlongo liat teknologi2nya! Culik aku ke Korea dong~~ ㅋㅋㅋ