Hidup (benar-benar) Sendiri

Terhitung sejak hari pertama saya menginjakkan kaki di Korea lagi setelah berlebaran di Indonesia saya sudah tidak tinggal di asrama Inje University lagi. Saya tinggal di sebuat tempat yang sering disebut sebagai studio, namun orang di Korea lebih sering menyebutnya sebagai One Room. Seperti inilah kamar saya.

Jika di saat tinggal di asrama dulu saya belajar bagaimana cara mencuci dan menyetrika pakaian, di kamar ini saya belajar semua hal yang berhubungan engan mengurus rumah, mulai dari mencuci baju (lebih tepatnya memasukkan baju ke mesin cuci), menyetrika baju-baju yang perlu rapi, menyapu kamar, membuang sampah, mencuci piring, merapikan kamar, dan yang paling wah adalah belajar memasak. ya, saya memasak. Suatu hal yang sejujurnya tidak pernah saya lakukan selama di Solo maupun di Bandung. Hal yang pernah saya masak (jika itu bisa dibilang memasak) selama ini hanyalah air panas, mie instan, dan telur dadar saja.

Jika sebelumnya hari Sabtu adalah hari berjalan-jalan, kali ini hari Sabtu bagi saya adalah saat untuk bersih-bersih kamar dan berbelanja. Tidak banyak yang saya beli, hanya sayuran, telur, minyak goreng, garam, gochu (cabe hijau besar), garam, dll. Lalu apa yang saya masak? Sampai saat ini masakan paling wah yang pernah saya masak adalah Oseng-oseng jamur-telur-kol. Hahaha. Selain itu saya hanya membuat nasi goreng bermodalkan bumbu instan yang dibawa dari Indonesia. Untuk hasil akhir jangan ditanya. Enak-tidak enak, memakan masakan sendiri itu akan selalu terasa enak.

Terlepas dari segala hal yang ‘terpaksa’ saya lakukan sendiri, saya senang bisa hidup sendiri. Salah satu alasannya tentu saja saya bebas bermain gitar kapan pun saya mau tanpa perlu memikirkan perasaan teman sekamar. Hasilnya adalah beberapa rekaman baru di Soundcloud. Semoga produktivitas lagu saya meningkat dengan tinggal sendiri seperti ini.🙂

Salam dari mahasiswa pascasarjana dengan kamar imutnya

One thought on “Hidup (benar-benar) Sendiri

Leave a Reply

