Berkelana ke Kampus-kampus di Korea

Namanya mahasiswa asing itu tidak akan lengkap tanpa jalan-jalan. Bukan hanya ke beberapa tempat wisata, jalan-jalan juga dapat dilakukan ke beberapa universitas lain. Berikut adalah beberapa universitas/kampus di Korea yang pernah saya datangi (ditulis secara acak).

  1. Inje University: sebenarnya ini tidak perlu dimasukkan list karena ini kampus saya sendiri, tetapi biarlah kampus ini ada di list
  2. Ewha Womans University: saya ke Ewha sekitar 3 kali, sekali untuk seminar, sekali untuk conference, dan sekali untuk rapat proyek bersama salah satu lab di sana.
  3. KAIST: beberapa kali saya ke kampus ini, mulai dari HUT UT Korea, survey CISAK, CISAK, sampai Halal bihalal UT
  4. UST: kampus yang juga terletak di Daejeon ini saya datangi saat survey CISAK dan acara CISAK itu sendiri
  5. Yonsei University: 2 kali saya ke gerbang Yonsei untuk bertemu senior saya, namun baru sekali saya masuk ke Yonsei, yaitu untuk seleksi tutor UT
  6. Korea University: sebenarnya saya tidak berniat mampir ke Korea University, namun karena rumah senior saya tidak bisa ditumpangi untuk menginap, jadilah saya menginap di ‘mushola’ Korea University
  7. Yeungnam University: kampus ini adalah kampus yang paling sering saya kunjungi. Bukan karena saya naksir dengan anak Yeungnam, tetapi karena saya mengajar UT setiap minggu di sini
  8. Mokpo National University: baru sekali saya ke sini, yaitu untuk mengikuti conference bersama teman-teman lab
  9. Chonnam National University: di kampus ini saya menumpang menginap semalam sebelum keesokan paginya menonton F1 di Yeongam
  10. Kumoh National Institute of Technology: kampus yang terletak di Gumi ini saya kunjungi setelah saya mengunjungi rumah teman-teman alumni elektro ITB di sana
  11. Kyungpook National University: kampus ini saya kunjungi saat  pertama kali gathering perpika wilayah 3
  12. Gyeongsang National University: Saya berjalan sejenak mengelilingi sebagian dari kampus ini setelah malam sebelumnya saya menikmati Lantern Festival di Jinju
  13. Pusan National  University: kampus lain yang saya kunjungi pertama di Korea, yaitu untuk berkumpul dengan alumni-alumni Elektro ITB
  14. Pukyong National University: kampus kedua yang saya kunjungi di Korea, tepatnya untuk menginap setelah kumpul alumni Elektro ITB. Tempat saya menginap itu disebut dengan ‘kolam ikan’
  15. Kyungsung National University: kampus tetangga Pukyong yang saya kunjungi saat gathering Perpika wilayah 3 musim semi yang lalu
  16. Seoultech: Saya menumpang menginap di salah satu kamar di dorm Seoultech, yaitu di kamar teman-teman seangkatan Elektro-ITB dulu
  17. KAIST-Seoul: cabang dari kampus KAIST yang berfokus ke arah jurusan bisnis. Saya (lagi-lagi)  menumpang menginap di kamar seorang senior saya

Tahun kedua di Korea (update)

  1. Seoul National University: Multimedia Conference ketiga yang saya ikuti. Kesan saya atas kampus ini, luar biasa besar dan nanjaknya.
  2. UST-KIST: Saya numpang ikutan main bola bersama mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang berada di Seoul dan sekitarnya
  3. Konkuk University: Seusai nonton konser Depapepe, saya diajak salah satu teman saya untuk ke kafe dan kemudian berkeliling kampus ini
  4. Yongsan University: Jika sebelumnya kami mengadakan perkuliahan Universitas Terbuka di Namsan Middle School, kali ini kami mengadakannya di kampus di timur Busan ini

Percaya tidak percaya, jumlah kampus yang kunjungi di Korea selama 1 tahun ini jauh lebih banyak dibanding jumlah kampus yang saya kunjungi di Indonesia selama 4 tahun kuliah di sana. Tulisan kali ini saya tutup dengan sebuah statement pribadi,

Being an international graduate student is not all about studying and doing research

Leave a Reply

