Winter = Snow

Jika beberapa waktu yang lalu saya menulis tentang Spring = Cherry Blossom, kali ini saya menulis tentang winter. Yup, winter selalu dikaitkan dengan salju. Hal ini terbukti dari pertanyaan beberapa orang teman saya mengenai musim dingin di Korea.

Yon, musim dingin di sana dingin nggak? (menurut saya ini pertanyaan retoris, mana ada musim dingin yang tidak dingin)

Suhunya berapa?

Ada salju nggak?

Memang pada awalnya mereka bertanya mengenai suhu, namun pada akhirnya mereka akan bertanya mengenai salju. Dan sayangnya, di kota saya salju sangat jarang turun. Akibatnya, selama musim dingin saya hanya merasakan hawa dingin yang menyiksa tanpa ada salju sebagai hiburannya. Meskipun demikian, 3 minggu yang lalu ada keajaiban saat salju turun di daerah selatan Korea (termasuk Busan dan kota saya, Gimhae). Menurut orang-orang yang sudah lama tinggal di Korea, fenomena ini hanya terjadi jika musim dinginnya benar-benar dingin. Memang benar, musim dingin kali ini jauh lebih dingin dan datang lebih cepat dibandingkan tahun lalu. Seingat saya, tahun lalu saya baru memakai jaket winter di akhir November, namun tahun ini saya mulai memakainya di pertengahan Oktober.

Jika memang ingin menikmati salju selama musim dingin di Korea, tinggallah di Seoul atau Daejeon. Kota lain yang lebih ke atas, seperti Incheon dan Gangwon juga pasti kebagian salju. Di daerah selatan, hanya Gwangju dan Jeju yang mendapatkan salju rutin setiap tahun. Kota selatan lainnya seperti Busan, Gimhae, Changwon, Daegu, dll. hanya akan mendapatkan salju di musim dingin yang benar-benar dingin saja.

Jadi, jangan pernah mengharapkan romantic winter dengan salju di sekeliling jika tinggal di Busan. Jangan pula berharap untuk bisa bermain perang bola salju, apalagi membuat boneka salju di Korea Selatan bagian selatan. Dan saya pun sudah ikhlas untuk tidak bersalju-saljuan, karena salju itu sebenarnya hanya indah pada awalnya saja. Nantinya, salju adalah penyebab utama orang-orang terjatuh ketika berjalan normal di trotoar (salju itu licin, percayalah). Setidaknya anak selatan selalu mendapatkan summer yang menyenangkan, dengan pantainya yang hangat dan pemandangan yang indah.

Berikut adalah foto saat keajaiban (Gimhae Bersalju) terjadi.

WP_000343

Saya dan pohon cemara hiasan natal

WP_000344 WP_000345

Suasana parkiran dan jalan di kampus

WP_000348

 

Halaman student center

Saya, seorang anak Jordan, dan 2 orang anak Korea

Saya, anak Jordan lagi, dan 2 orang dosen bahasa Inggris asli Amerika

Leave a Reply

