Mereview 2012 – 12 Hal Besar di Tahun 2012

Mungkin saya memang terbawa tren yang sedang ada akhir-akhir ini, yaitu menuliskan sekian hal terbaik, terhebat, ter-ter lainnya selama 2012. Kalau menurut saya sih ya nggak masalah ikut tren ini, setidaknya saya juga bisa mereview apa yang terjadi dan saya lakukan selama 2012 ini. Cukup sulit untuk memilih 12 dari banyak hal yang terjadi selama 2012. Meskipun demikian, saya coba untuk memilih hal-hal yang memang bisa menjadi milestone saya di tahun 2012 ini.

1. Kunjungan keluarga ke Korea

Awal tahun ini, keluarga saya (yang pada saat itu masih lengkap) berkunjung ke Korea selama 6 hari 5 malam. Kami menginap 2 malam di Busan dan 3 malam di Seoul. Saat itu adalah kali pertama saya bertemu keluarga setelah hampir 6 bulan (sejak September 2011). Tentu saja kunjungan ini merupakan mood booster  yang luar biasa bagi saya.

2. Universitas Terbuka Indonesia di Korea (UTKorea)

Terhitung sejak bulan Februari 2012, saya resmi menjadi salah satu pengajar di UTKorea, tepatnya pengajar (tutor) Bahasa Inggris untuk mata kuliah writing. Saya mendapat banyak pengalaman dan teman baru di sini, terutama teman-teman TKI yang memiliki semangat luar biasa untuk belajar.

3. Perpika

Perpika (Persatuan Pelajar Indonesia Korea) adalah salah satu organisasi tempat saya berhimpun selama di Korea. Pada awal tahun saya memegang salah satu web media Perpika yang berisi informasi-informasi tentang Korea. Di pertengahan tahun, saya mendapat amanah baru menjadi ketua divisi PSDA, yang tentunya akan berhubungan banyak dengan anggota Perpika lainnya. Bagi saya nampaknya berhimpun itu bukan suatu keinginan, melainkan kebutuhan.

4. Konser

Well, seperti yang sering saya tulis, hidup di Korea itu sayang kalau hanya digunakan untuk belajar dan riset saja. Salah satu hiburan yang bisa didapatkan adalah menonton Konser. Terhitung ada 3 konser berbayar (L’Arc en Ciel, Maroon 5, dan Depapepe) dan 1 konser gratis (Hyundai Brilliant Concert yang di dalamnya ada IU, TVXQ, LeeSsang, dll).

5. Formula 1

Salah satu keinginan besar saya dari dulu adalah menonton F1 secara langsung, dimana saya dapat mendengarkan raungan mesin jet darat tersebut. Keinginan saya menjadi kenyataan di Korea ketika saya mendapat tawaran menonton F1 secara gratis lewat Korean Tourism Organization. Meskipun saya masih harus mengeluarkan uang untuk pergi ke sirkuit F1 tersebut (terletak di Mokpo, bagian paling barat dari Korea Selatan), saya tetap senang bisa menonton F1 secara langsung.

6. Yeosu Expo

Hal hedonis terakhir yang saya lakukan adalah ke Yeosu Expo, suatu expo yang sebenarnya hanya berhubungan dengan kelautan dan pariwisata, namun dikemas dengan sangat menarik. Ada berbagai wahana dari berbagai negara di Expo ini, dan yang paling menarik adalah Big-O show, suatu show yang mirip dengan Magical Fountain Sentosa, Singapur, namun dalam skala yang jauh lebih besar.

7. Papa

Meskipun hidup saya nampak bahagia di sini, ada satu saat dimana saya merasa menyesal pergi jauh dari orang tua lagi, yaitu ketika papa sakit. Saya yang pulang mendadak (dan terpaksa naik Korean Air kelas bisnis) tidak bisa menemui papa dalam keadaan sadar lagi. Saat saya sampai di Indonesia, papa sudah tidak sadarkan diri dan terbaring di rumah sakit, sampai akhirnya papa meninggal. Meskipun begitu, saya masih bersyukur diberi kemudahan Allah untuk bisa kembali ke Indonesia meskipun harus deg-degan, kebingungan, dan merogoh kocek sangat dalam untuk pulang ke Indonesia. Setidaknya saya ada di samping dan menemani papa sampai akhir.

8. Puasa di Korea-lebaran di Indonesia

Saya katakan puasa di Korea itu amat sangat berat sekali banget. Puasa normal di Indonesia adalah dari pukul 4.30-18.00. Di sini puasa dimulai pukul 3.00 dan diakhiri pukul 20.15. Range saya berpuasa antara 16-17 jam. Ditambah lagi, pada saat itu adalah musim panas, dan cuacanya sungguh panas sekali, terlebih karena saya tinggal di Korea Selatan bagian selatan. Namun akhirnya saya sukses berpuasa penuh di sini.

Di akhir-akhir puasa, saya kembali ke Indonesia (meskipun saya sudah pulang 1 bulan sebelumnya ketika papa sakit). Menyenangkan memang kumpul keluarga dalam suasana gembira, begitu pula berkumpul dengan teman-teman lainnya di Solo.

9. One Room

Sepulang dari libur lebaran, saya sudah tidak tinggal di asrama lagi, tetapi di sebuah tempat yang biasa disebut One Room. Bentuknya adalah sebuah petak untuk tempat tidur dan barang-barang lainnya, dan ada pula kamar mandi dan dapur di tempat terpisah. Sampai saat ini berarti sudah 5 bulan saya tinggal di sana, dan cukup menyenangkan karena saya punya privasi yang lebih baik dibandingkan ketika tinggal di asrama yang ada 2 orang dalam 1 kamar.

10. Perfect Grade

Dalam 2 semester awal berkuliah di sini, alhamdulillah saya mendapatkan perfect grade. Memang nilai bukan segalanya di kuliah pasca sarjana, tapi siapa sih yang tidak senang mendapatkan nilai yang bagus?

11. Riset

Hasil riset saya menghasilkan 3 paper conference (2 lokal dan 1 internasional) dengan saya sebagai first author, serta 1 paper conference dimana saya menjadi second author dan paper ini mendapat best paper award di conference tersebut. 1 paper sudah diterima di jurnal domestik korea, dan 2 paper sedang direview di jurnal internasional dan jurnal domestik. *Kalau saya pulang ke Indonesia nanti, jurnal domestik Korea ini akan menjadi jurnal internasional juga nampaknya. Hahaha

12. Deklarasi 111213

Banyak yang bilang bahwa rencana saya untuk menikah pada tanggal 111213 hanya gurauan dan candaan semata. Namun bagi saya ini adalah suatu targer dan deadline yang harus dicapai. How? Hanya Tuhan dan saya yang tahu bagaimana caranya.

Well, itulah 12 hal besar bagi saya di tahun 2012 ini. Saya sering menulis tulisan review semacam ini semata-mata sebagai bahan instrospeksi dan agar saya selalu dapat mengingat hal-hal ini agar bisa saya ceritakan kepada orang lain.

 

Salam dingin dari Gimhae namun salam hangat dari saya di hari terakhir 2012.

Yonny Septian Izmantoko

-Tulisan terakhir di 2012-

Leave a Reply

