Nami Island Should Be a Romantic Island

Pada tahun 2002, salah satu stasiun TV Korea menayangkan suatu serial drama yang berjudul Winter Sonata (겨울연가). Serial ini juga sempat diputar di salah satu stasiun TV Indonesia yang saat ini lebih sering menayangkan drama-drama kolosal dengan efek 3D seperti naga, robot, dll.

Kembali ke Winter Sonata, serial ini menjadi hits ketika disiarkan pertama kali di Korea (meskipun jujur saja saya belum  sempat melihat drama ini). Hal ini turut membuat hal-hal yang berkaitan dengan film ini pun menjadi terkenal, tidak terkecuali lokasi shooting drama ini, yaitu Pulau Nami-Nami Island-남이섬. Pulau ini bukan pulau sesungguhnya. Seingat saya saat pelajaran SD, pulau adalah suatu daratan yang berada di tengah suatu perairan, baik itu laut atau danau. Nami ini berada di tengah sungai hangang utara (북한강), jadi sebenarnya lebih tepat disebut delta daripada pulau.

Untuk menuju nami, pengunjung dapat menggunakan kapal. Untuk naik kapal ini, setiap pengunjung hanya perlu membayar 10.000 KRW untuk orang Korea atau 8.000 KRW untuk warga asing. Selain kapal, pengunjung dapat menggunakan flying fox dari tepi sungai menuju pulau. Namun karena saya ke Nami saat winter, sehingga saya tidak berminat untuk naik flying fox tersebut.

Pulau ini sendiri sebenarnya tidak begitu besar karena dapat dikelilingi dengan mudah. Jika di Indonesia, mungkin ukuran pulau ini sama seperti ukuran beberapa pulau kecil di kepulauan seribu. Akan tetapi, ada sesuatu yang unik dari pulau nami ini. Setiap bagian dari pulau ini merupakan tempat yang indah dan romantis. Selain itu, meskipun pulau ini terkenal karena adanya drama winter sonata, pulau ini bisa dinikmati keindahannya sepanjang tahun tanpa memandang musim. Tidak heran pulau ini sering digunakan sebagai lokasi untuk berburu foto, atau bahkan untuk membuat foto pre-wedding.

Saya ke pulau ini di pertengahan Desember 2012, yang artinya saat itu adalah musim dingin. Ada apa saja di nami selama musim dingin?

1. Salju

Musim dingin memang identik dengan salju, termasuk di pulau nami ini. Hampir di seluruh pulau tertutup salju, kecuali di jalan setapak untuk pengunjung. Saking dinginnya, sebagian dari sungai di sekeliling pulau ini pun membeku.

2. Air mancur yang membeku

Di beberapa spot, terdapat air mancur yang tertutup oleh es, seolah-olah es tersebut mengeluarkan air. Ada air mancur yang nampak sengaja dibentuk sehingga memiliki bentuk yang menarik, ada pula yang berbentuk abstrak karena terjadi secara alami.

3. Burung unta dan tupai

Satu hal yang unik adalah adanya 2 ekor burung unta di tengah-tengah pulau. Saya pun heran kenapa burung unta yang dipelihara di sini. Mungkinkah karena burung unta mampu bertahan hidup di segala musim? Selain itu, ada pula tupai yang berkeliaran dengan bebas di pulau ini.

4. Pohon jomblo

Ini nama yang diberikan oleh saya dan teman-teman saya, bukan nama asli. Pohon ini berdiri sendiri di tengah hamparan salju dan pohon-pohon lainnya terletak jauh darinya. Meskipun jomblo, pohon ini banyak digunakan untuk foto-foto oleh para pengunjung.

(ini bukan pohon jomblo, hanya foto saya yang di sebelah kanannya ada bayangan pohon jomblo)

5. Tree line

Mungkin inilah spot paling terkenal di pulau ini. Beberapa pohon yang menjulang tinggi berderet dengan rapinya. Di tempat ini pula para pengunjung paling banyak berfoto.

6. Mushola

Khusus untuk teman-teman yang muslim, di sini ada mushola. Selama saya berada di Korea 1,5 tahun, ini adalah kali pertama saya melihat mushola di tempat umum.

Begitulah selintas gambaran tentang Pulau Nami. Jika ada waktu, kesempatan, dan rezeki berlebih, pulau ini wajib dikunjungi, baik itu untuk wisata maupun berbulan madu.

Sayangnya, saya ke sini bersama teman-teman saya, yang semuanya laki-laki. Hilanglah romantisme pulau nami ini.

3 thoughts on “Nami Island Should Be a Romantic Island

Leave a Reply

