Tugas Akhir / Tesis = Menyibukkan Diri

2-3 tahun yang lalu ada masa-masa saya mengerjakan tugas akhir s1. Pada saat itu, saya tidak hanya fokus mengerjakan tugas akhir saja, ada beberapa hal lainnya yang juga saya kerjakan.

  • Saya masih menjadi senator himpunan sampai bulan april 2011. Tentu saja di masa-masa ini saya masih banyak melakukan rapat sampai malam.
  • Saya pun menjadi ketua majalah himpunan yang sedang mengadakan acara kaderisasi. Sebenarnya ini tidak terlalu berat karena saya dibantu banyak orang, tapi tetap saja tanggung jawab ada di ketua.
  • Pada saat itu saya masih ikut program fast track, artinya saya mengambil mata kuliah S2 di saat saya masih berkuliah S1. Kuliah S2 itu penuh dengan tugas dan presentasi. Inilah yang cukup melelahkan.
  • Saya juga perlu mengumpulan berbagai macam dokumen untuk syarat pendaftaran S2 di ITB dan S2 di Korea ini. Jadilah saya harus bolak-balik TU Elektro-Gedung Annex

Saat ini saya sedang berada di masa-masa akhir kuliah S2, artinya saya harus mengerjakan tesis. Sama seperti saat S1, saya tidak mau hanya fokus ke tesis saja, khawatir stres. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang sudah dan akan saya lakukan di masa-masa ini.

  • Saya menjadi pengurus Perpika di bagian PSDA. Saya memiliki 4 orang anggota divisi dan banyak anggota Perpika lainnya.
  • Implikasi menjadi pengurus di bagian PSDA, saya pun menjadi steering committee untuk acara tahunan Perpika, CISAK. Acara ini adalah sebuah conference yang diadakan oleh Perpika. Meskipun saya ‘hanya’ sebagai steering committee, saya akan sangat sering involve ke persiapan acara ini.
  • Saya masih bertahan menjadi tutor UT. Teman seperjuangan saya, mas Harist, sudah menyerah dan tidak lanjut menjadi tutor karena alasan tesis. Bagi saya, jalan-jalan ke kota lain setiap minggu merupakan refreshing di masa-masa tesis ini.
  • Saya pun ingin membukukan blog ini. Sayang saja rasanya banyak tulisan di sini tetapi hanya dalam bentuk blog. Laku tidak laku masalah belakang, karena saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada orang-orang. Untuk membukukan blog, tentu saja saya tidak cukup dengan copy-paste semua tulisan, saya juga perlu mengatur dan mengedit isi blog ini.
  • Project2013 mau tidak mau harus dilaksanakan. Bukan karena saya terlanjur bilang ke orang2 kalau target saya launching album adalam 2013, tapi karena ini memang impian besar saya. Saya harus merekam lagu-lagu saya dan memantapkan lirik serta aransemen dari lagu-lagu tersebut. Sepulangnya ke Indonesia, tinggal rekaman di studio, dan launching! *bakal lebih keren kalau launchingnya pas resepsi pernikahan. Hahaha

Leave a Reply

