Yonny versi Online

Secara sadar atau tidak, kita telah menyerahkan segala macam informasi kita kepada internet. Apapun. Mulai dari foto, tulisan, video, audio, ide, profil, dll. Kenapa kita dengan rela merelakan apa hal-hal yang mungkin bersifat pribadi tersebut kepada orang lain? Nampaknya ini kembali kepada kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Salah satu kebutuhan yang berkaitan dengan orang lain adalah suatu hal yang sering kita sebut eksistensi.

Ini lho gw, gw bisa gini lho, gw bisa gitu lho, gw lagi di sini, minum kopi bareng teman-teman, dll.

Unik memang manusia ini, selalu mencari cara agar orang lain tahu bahwa dia ada. Salah satu dari manusia ini ya saya, Yonny. Sehari-hari mungkin orang mengenal saya yang seperti ini, seperti itu, dll. Di internet, yonny versi internet ini mungkin bisa berbeda 180 derajat dibanding aslinya. Ini bukan alter ego, ini bukan schizophrenia, ini bukan penyakit-penyakit lainnya. Ya memang seperti itulah manusia. Mereka akan merasa nyaman di suatu lingkungan dengan gayanya masing-masing.

Kenapa saya tiba-tiba menulis tentang ini? Sebenarnya beberapa saat yang lalu saya iseng-iseng mencari nama saya (menggunakan keywords: yonny septian) di google. Hasilnya, ada 10 website tempat saya pernah mendaftarkan diri dan berbagi informasi kepada orang lain via internet. Web-web tersebut adalah:

1. Soundcloud – lagu-lagu
2. About.me – profil singkat
3. WordPress – tulisan
4. YouTube – video
5. Facebook – profil dan foto
6. Kompasiana – tulisan
7. Google + – profil dan foto
8. LinkedIn – profil dan CV
9. Pinterest – foto dan tulisan
10.Tumblr – foto dan tulisan

Ketika kita sudah menyerahkan segalanya ke internet, hal-hal tersebut bukan lagi menjadi milik kita, melainkan menjadi milik semua orang. Tapi copyright itu masih tetap ada. (seharusnya) Dilarang memperbanyak, mengedarkan dan mengubah apa yang ada di sana, cukup untuk dilihat dan diunduh untuk diri sendiri saja.🙂

Leave a Reply

