HUT ke-2 Universitas Terbuka Korea (UTKorea)

Akhirnya saya kembali menulis sesuatu yang berhubungan dengan hidup saya di Korea. Kali ini saya akan bercerita tentang perayaan hari ulang tahun Universitas Terbuka Korea yang digabung dengan acara penerimaan mahasiswa baru. Seperti yang sering saya tulis, UTKorea adalah salah satu dari 2 organisasi tempat saya berhimpun di Korea ini, selain PPI Korea (Perpika). Jika di Perpika saya lebih banyak berhubungan dengan mahasiswa dan membahas hal-hal yang berkaitan dengan keorganisasian, di UTKorea saya lebih banyak bergaul dan sekaligus mengajar teman-teman TKI yang menempuh pendidikan di UT Korea.

Tahun lalu, tepatnya 1 Januari 2012, saya yang pada saat itu bukan siapa-siapa, bukan mahasiswa, tutor, pengurus, ataupun lainnya yang berhubungan dengan UT Korea, datang ke Daejeon untuk ikut merayakan HUT perdana mereka. Pada saat itu hanya ada sekitar 50-70 orang yang hadir. Wajar saja, pada saat itu UT Korea baru berumur 1 tahun dengan mahasiswa tertuanya adalah mahasiswa semester 2. Saat itu UT Korea masih nampak mencari bentuk idealnya dan merekrut lebih banyak mahasiswa dan tutor.

Selang setahun, saya kembali ke Daejeon untuk ikut meramaikan ulang tahun UT Korea yang kedua. Hal yang paling wah menurut saya adalah jumlah mahasiswa UT Korea saat ini sudah mencapai lebih dari 300 orang. Mengingat mereka adalah TKI-TKI yang sibuk bekerja sehari-hari, seperti sebelum-sebelumnya, saya kembali terharu melihat semangat belajar mereka. Mereka tahu bahwa resiko mengikuti kuliah di UT Korea adalah mereka tidak memiliki waktu istirahat di akhir pekan karena mereka harus berkuliah setiap hari Minggu, dan mereka siap menghadapi resiko itu. Tercatatat sekitar 150 orang mahasiswa baru yang siap berjuang dalam belajar di UT Korea.

Acara pada hari itu juga diisi dengan teleconference via skype dengan pihak Universitas Korea yang berada di Indonesia. Mereka menjelaskan tentang bagaimana status hukum universitas terbuka, bagaimana cara belajar yang baik, masalah-masalah nilai yang terjadi sebelumnya, dll. Tujuan dari teleconference ini adalah memberi semangat khususnya bagi mahasiswa baru yang akan memulai kuliahnya semester ini.

Tidak hanya merekrut mahasiswa baru, UT Korea juga merekrut beberapa tutor baru. Keberadaan tutor-tutor baru ini mutlak diperlukan karena banyaknya jumlah mahasiswa dan mata kuliah yang perlu diajar. Sekitar belasan nama tutor baru melengkapi formasi tutor UT Korea yang sudah ada sebelumnya. Saya bersyukur nama saya masih ada di dalam formasi itu, masih bisa sedikit menyumbangkan waktu dan tenaga untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Salam winter menuju spring dari Gimhae, sebuah kota kecil dengan seorang mahasiswa yang ingin menjadi orang besar.

775865_566238416737836_1999035713_o 843804_566238330071178_733433173_o

Foto bersama mahasiswa, pengurus, dan tutor UT Korea. Copyright: salah satu mahasiswa UT Korea

 

Leave a Reply

