Berkeliling Korea Naik Kereta dengan KR Pass

Sebenarnya saya cukup menyesal baru mengetahui hal ini, akan tetapi saya akan berbagi informasi ke teman-teman agar tidak mengalami hal yang sama seperti saya. Ternyata, sebagai warga asing, kita memiliki kesempatan untuk berkeliling Korea menggunakan kereta api dengan sesuatu yang disebut KR Pass. KR Pass ini ibarat suatu passport yang membuat kita dapat berkeliling Korea dengan ‘gratis’, baik menggunakan KTX, maupun kereta-kereta lainnya.

Gratis di sini bukan berarti benar-benar gratis. Benar tiketnya gratis, tapi kita perlu membayar sejumlah uang (bergantung lama berlakunya KR Pass dan jenisnya). KR Pass ini dapat diperoleh dengan mendaftar melalui website Korail, dan mengikuti prosedur-prosedur yang ada di sana. info lebih lanjut dapat dibaca di sini http://web.perpika.kr/?p=876

Sayang saya baru mengetahui KR Pass ini beberapa bulan terakhir masa studi saya di Korea ini. Bisa jadi saya sudah berkeliling seluruh Korea jika mengetahui KR Pass ini dari dulu-dulu (saya pun bisa menghemat biaya KTX saat keluarga berkunjung ke Korea). Yang penting sekarang saya sudah tahu infonya, dan sudah berbagi info ke teman-teman sekalian. Selamat berjalan-jalan.

WP_000405

KR Pass saya (yang sudah kadaluarsa) dan tiket kereta pulang dari Seoul seharga 0 KRW

 

Leave a Reply

