Jelajah Ulsan

Minggu lalu, 2 Juni 2013, saya berjalan-jalan lagi. Kali ini tujuan saya adalah Ulsan, kota di timur Busan. Untuk menuju ke sana saya harus naik bus kota dari terminal Nopo di Busan. Karena saya nyantai, saya berangkat agak siangan, pukul setengah 10 pagi dari Gimhae. Setelah menempuh perjalanan cukup lama, sampailah saya di Ulsan, tepatnya di depan University of Ulsan pada pukul 12 siang, tepat saat makan siang. Saya dijemput Wahyono, mahasiswa kampus itu, diajak makan, solat, dan memulai jalan-jalan.

Tujuan pertama saya adalah Stadion Munsu. Tempat ini adalah salah satu venue Piala Dunia 2002. Dengan mengunjungi stadion ini, maka saya sudah mengunjungi 5 dari 9 stadion Piala Dunia yang berada di Korea (Daegu, Busan, Seoul, Ulsan, Daejeon). Sebenarnya saya ingin melengkapinya dengan Seogwipo, Suwon, Gwangju, dan Jeonju, sayang saya terhalang waktu, jarak, dan biaya.

Yang menarik di tempat ini adalah adanya danau di balik stadion dimana banyak keluarga berlibur. Ada pula perahu-perahu kayuh berbentuk bebek dan ikan yang berlayar di danau itu. Pemandangan di sana cukup indah, terlebih dengan hijaunya pepohonan dan Stadion Munsu sebagai latar belakangnya.

Selepas dari Munsu, kami berdua menempuh perjalanan jauh ke timur Ulsan untuk menuju ke pantai Ilsan dan taman Daehwangam. Perjalanan membosankan di dalam bus kota selama 1 jam itu terbayar tuntas setelah melihat pantai Ilsan. Meskipun belum banyak orang yang berjemur dan air laut yang sedikit kotor, senang rasanya bisa menikmati angin pantai selain dari pantai Haeundae atau Gwangan. Kemudian kami mendaki bukit kecil menuju taman Daehwangan. Lelah mendaki dan berjalan, kami dihadiahi pemadangan yang luar biasa indah berupa batu karang, laut, pepohonan, dan langit biru yang cerah. Sepintas tempat ini mirip Taejeongdae di Busan, hanya saja pemandangannya nampak lebih luas. Silakan menikmati foto-fotonya.

Puas berfoto, kami kembali ke pusat kota. Untunglah ada bus dari Ulsan ke Gimhae (tidak ada bus dari Gimhae ke Ulsan) sehingga saya tidak perlu ke Busan lagi. Setelah makan sejenak di Lotteria, saya berpamitan dengan Wahyono dan kembali ke Gimhae.

3 thoughts on “Jelajah Ulsan

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri, nama saya eka nirwansah, saya asli ornag bandung, dan mahasiswa S1 Keperawatan dan sebentar lagi menjalani program professi Ners. saya sangat tertarik dengan artikel-artikel yang post kan mas yonny tentang korea selatan dan sangat inspiratif juga sangat menambah semangat saya untuk pergi kesana, saya dari dulu sangat ingin sekali bekerja/melanjutkan study saya di korea selatan. maaf mas yonny sebelumnya, saya ingin bertanya menurut sepengetahuan mas yonny apakah ada lowongan kerja sebagai perawat/caregiver asal indonesia disana? soalnya dari BNP2TKI sendiri masih belum bisa menyediakan disektor perawat untuk ke negara korea. bila ada, tolong beritahu saya bagaimana caranya? saya bersedia kok mas yonny kerja di daerah manapun di korea dan saya juga bersedia bekerja walaupun diklinik-klinik kecil yang ada disana. dan soal melanjutkan program study di korea selatan, apakah ada lowongan program study keperawatan dikorea? dan bila ada, apakah ada program beasiswanya atau tidak? saya juga banyak teman-teman dari jejaring sosial orang korea yang tinggal dibusan, hanya mereka kurang mengerti bahasa inggris dengan baik jadi mereka susah sekali untuk mengobrol dengan saya. jadi, saya sangat minta tolong sekali kepada mas yonny untuk menjawab pertanyaan saya.
    saya akan sangat berterima kasih sekali apabila mas yoony dapat membalas tulusan ini baik melalui postingan ataupun mengirimkanya ke alamat e-mail saya dan saya amat sangat menunggu balasan dari mas yonny.
    Terima Kasih,
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    • kalo mengenai beasiswa saya kurang tahu karena di kampus saya tidak ada, apalagi mengenai lowongan kerja saya lebih tidak tahu lagi.
      untuk beasiswa, coba dicek di perpika.kr

Leave a Reply

