Dunia Kerja Saya…

Saya ingin berbagi cerita tentang apa yang saya lakukan di kantor saya. Seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya, saya bergabungdi PT TK Industrial Indonesia sebagai staf IT. Di pabrik ini, hampir seluruh prosesnya berhubungan dengan IT, mulai dari produksi, gaji karyawan, sampai pembukuan keuangan. Anggota tim IT pun didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan di tiap bagian.

Saya mendapatkan jackpot, yaitu memegang IT untuk bagian accounting dan costing. Kedua hal ini merupakan hal yang sungguh baru bagi saya. Saat SMA pun saya tidak mendapatkan pelajaran akuntansi, hanya ekonomi. Alhasil, karena pengetahuan saya tentang akunting nol besar, saya diberi materi tentang akunting (dalam Bahasa Korea) untuk dipelajari selama 2 minggu. Sampai akhir masa pembelajaran itu, saya masih belum mengerti apa itu Debit dan Credit. Hehehe.

Yang lebih unik, orang-orang akunting berasumsi bahwa saya mengerti tentang akuntansi. Mereka sering bertanya kemana selisih 0.01 USD hilang, kenapa keuangannya tidak seimbang, dll. Well, saya pun perlu menjelaskan kepada mereka terlebih dahulu bahwa saya tidak memiliki dasar dalam hal ini. Untungnya saya memiliki 2 orang mentor, satu untuk masing-masing bagian (akunting dan costing). Selama 3 bulan pertama di perusahaan ini, saya dibimbing oleh mereka, sampai akhirnya pada tanggal 13 November 2013 kemarin mereka meninggalkan Indonesia dan saya menjadi penanggungjawab seutuhnya untuk sistem costing dan akunting perusahaan. Semoga keuangan perusahaan ini aman-aman saja.

One thought on “Dunia Kerja Saya…

Leave a Reply

