The Comfort Zone

Semua orang pasti memiliki zona nyamannya masing-masing, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun karir. Banyak juga orang yang merasa tidak perlu mencari suatu ketidaknyamanan ketika sudah merasa hidupnya nyaman. Hmm, hal itu pun saat ini ada di benak saya.

Seperti yang sering saya ceritakan di blog ini, saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan produsen sepatu olahraga Nike di Subang, Jawa Barat. Pekerjaan saya sehari-hari adalah maintenance system ERP di modul akunting-costing dan membuat aplikasi mobile sesuai permintaan user-user. Dengan pekerjaan seperti itu, bisa dibilang gaji saya cukup untuk menghidupi keluarga (istri dan calon anak saya nanti). Namun, setelah saya berada setahun lebin di sini, saya merasa mulai terlalu nyaman. Karena perusahaan ini hanya bergerak di bidang produksi sepatu, tidak banyak hal yang bisa saya pelajari di sini. Peluang saya untuk mengembangkan diri ya segitu-segitu saja.

Secara tidak di sengaja saya membuka Kaskus dan membaca sebuah post yang berkaitan tentang comfort zone. http://www.kaskus.co.id/post/53f0436dd44f9f04098b4645#post53f0436dd44f9f04098b4645. Dan lebih kebetulan lagi, saya mendapatkan kesempatan untuk berpindah dari zona nyaman saya saat ini ke zona yang saya yakini tidak akan mudah untuk menjadi nyaman dalam waktu dekat.

Jika saya masih seorang single, bisa dipastikan saya pasti akan bergalau ria memikirkan hal ini. Untungnya saat ini ada seseorang di samping saya sebagai teman berdiskusi dan berbagi pendapat. Well, sampai saat ini kami berdua (dan keluarga kami tentunya) sudah sepakat. Pegangan kami adalah sebuah ayat Al-Quran yang berarti:

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka(QS Ar Ra’d 11)

Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Al-Insyirah : 6)

Masih ada beberapa hari lagi sebelum keputusan akhir dibuat. Satu hal, Allah pasti memberikan segala yang terbaik untuk hamba-Nya.🙂

Move out of your comfort zone. You can only grow if you are willing to feel awkward and uncomfortable when you try something new. ~Brian Tracy

 

Leave a Reply

